Percepat Pemulihan Ekonomi, Kelurahan Cilangkap Sediakan Lokasi untuk Produk UMKM

DEPOK – Kelurahan Cilangkap sedang berupaya memulihkan kondisi perekenomian masyarakat melalui penyediaan tempat untuk lapak jualan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Lurah Cilangkap, Teguh Santoso menilai, akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung cukup lama membuat kondisi perekonomian masyarakat mengalami masalah.

Sebagai langkah solutif, pihaknya akhirnya mengambil keputusan untuk menyiapkan lokasi khusus bagi para pelaku UMKM memasarkan produk mereka.

“Langkah ini diambil guna mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19,” kata Teguh, Rabu (9/3).

Dikatakan, sudah ada beberapa lokasi yang dipersiapkan, salah satunya ujar dia berada di lokasi sekitar Situ Cilangkap.

“Di lokasi tersebut terdapat tanah untuk fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH) kelurahan dan taman kelurahan, nanti juga disiapkan stan UMKM,” ungkap dia.

Di samping itu, dirinya juga mengatakan lokasi lainnya di lapangan BFC (Banjaran Pucung) yang akan direvitalisasi dan juga disediakan pojok UMKM. Terakhir, di di depan kantor kelurahan Cilangkap UMKM akan diberikan ruang pamer.

Adapun lanjut dia, untuk produk yang dipasarkan rata-rata berupa makanan dan minuman. “Selain siang, kita siapkan agar malam juga bisa jualan, karena kalau tidak seperti itu sulit. Jika hanya mengandalkan jualan online juga mereka pemasukannya juga kurang,” tuturnya.

Dia mengatakan, saat ini para pelaku UMKM perlu diberikan wadah untuk mengembangkan produknya. Sebab, UMKM menjadi penyokong utama pasca melonjaknya kasus Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Ke depan kami akan coba upayakan untuk memberikan ruang kepada UMKM untuk berekspresi. Jadi yang selama ini tertahan karena pandemi ada ruang baru,” pungkasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan