Geger Polisi Dihajar Massa Hingga Babak Belur, Begini Faktanya

Jabarekspres.com – Dunia maya tiba-tiba digegerkan dengan kabar dilengkapi narasi provokatif bahwa ada seorang polisi dihajar massa hingga mukanya babak belur.

Informasi ini pun langsung membuat heboh. Pasalnya, si pengunggah turut melengkapinya dengan foto seseorang yang tengah mengenakan baju polisi dihajar massa.

Sebagai informasi, si pengunggah kabar ini adalah pemilik akun Facebook bernama Udin. Dia terlihat membagikan tautannya pada 22 Februari 2022 pukul 08.19.

Mengamati unggahannya, nampak tampilan digambar tautan itu seorang memakai seragam polisi dengan jaket yang ditarik oleh seseorang.

Dalam tautan disebutkan polisi itu berinisial Bripka JA yang bertugas di Polres Pelabuhan Belawan, Kota Medan. Polisi tersebut dihajar masa ketika merampas sepeda motor milik seorang wanita berinisal L.

Di unggahannya itu, pemilik akun Facebook Udin juga menuliskan narasi yang sangat provokatif.

“Ya Allah Pak Polisi Ini Babak B3lur Dih4jar Massa Dan Berteriak: Ampun Pak  Istri Saya Lagi Hamil Nyawanyapun Nyaris Tidak tertolong”

Sementara itu, melansir laman Turn Back Hoax, kabar polisi dihajar massa hingga babak belur tidak benar. Konten ini juga masuk ke dalam kategori konteks yang salah.

Setelah ditelusuri gambar pada postingan identik dengan gambar pada artikel Tribunnews berjudul “Begal Ketahuan Nyamar Jadi Polisi, Begini Nasibnya Ketika Terbongkar”.

Konten tersebut dibuat pada Senin 9 April 2018 lalu pukul 08.11 WIB. Didapatkan informasi bahwa pelaku begal yang ada di foto tersebut beraksi sambil menyamar sebagai anggota polisi.

Lebih lanjut diketahui juga, bila kabar palsu yang di unggah di Facebook itu juga menggabungkan artikel lain dari Tribunnews berjudul “KRONOLOGI Oknum Polisi Babak Belur Dihajar Massa, Rampas Motor Seorang Wanita, Sempat Memelas”.

Konten ini telah dibuat pada Jumat 23 Juli 2021 pukul 21.09 WIB.

Dalam penjelasannya, artikel tersebut berisi informasi kejadian oknum polisi berinisial Bripka JA yang merampok bersama tujuh orang temannya dengan modus leasing.

Dengan demikian tautan yang dibagikan di Facebook oleh akun Udin dengan narasi provokatif bahwa ada seorang polisi di hajar massa hingga babak belur merupakan penggabungan 2 artikel milik Tribunnews.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan