Stabilitas Nasional Tidak Bisa Dibentuk dari Sistem Kebut Semalam

Kompleksitas perwujudan Stabilitas Nasional perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat dan sinerfitas lembaga pemerintahan secara nasional sehingga terwujudnya kesejahteraan bangsa sesuai cita-cita bangsa.

Beberapa upaya yang perlu dilakukan yakni memaknai prinsip Persatuan dan Kesatuan dengan menjunjung Bhineka Tunggal Ika, Bijaksana dan bertanggungjawab dalam menggunakan media sosial dan memproses informasi.

Penerapan prinsip Nasionalisme yang dibangun melalui pengetahuan wawasan nusantara, Menghindari pemikiran destruktif radikal dan mengedepankan toleransi terhadap kepentingan bersama, serta Menanmkan sikap Cinta Tanah Air.

Upaya tersebut tidak akan terwujud secara instan ataupun melalui metode SKS, upaya tersebut melalui perumusan, perencanaan, dan proses berkelanjutan.

Hingga saat ini NKRI dalam proses menuju negara ideal dengan stabilitas nasional berkelanjutan, Negara melalui pemerintahan bertanggungjawab dalam menyelenggarakan dan Rakyat perlu mendukung dan ikut berpartisipasi sebagai langkah mewujudkan cita-cita bangsa.

Penulis: Ardian Nurmansyah

Kabid Humas Aliansi Perdamaian Hati Bangsa-ALPHA

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan