Perpustakaan Coworking Space

Fasilitas Coworking Space

Setiap perpustakaan harus menyiapkan ruangan atau tempat yang dikhususkan untuk coworking space, dengan konsep transparan dan open space, pencahayaan yang cukup, ruangannya luas dan nyaman, menyenangkan, design interior yang menginspirasi, dilengkapi dengan koneksi jaringan internet berkecepatan tinggi, fasilitas wifi, meja dan kursi kerja yang fleksibel.

Para pemustaka yang memanfaatkan coworking space di perpustakaan akan mampu menciptakan interaksi, meningkatkan produktivitas kerja, saling berbagi pengalaman, hingga membuka peluang networking, dan berkolaborasi sesama pemustaka.

Setiap tahun Perpusnas RI memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik APBN guna pembangunan gedung perpustakaan umum provinsi dan kabupaten/kota, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan umum daerah dalam rangka memperkuat budaya literasi untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan, kreatif, inovatif, dan berkarakter.

Semoga pembangunan gedung perpustakaan umum yang dibiayai dari DAK Fisik APBN maupun dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota, sudah mengakomodir fasilitas untuk coworking space, dan bisa memberikan nilai tambah bagi APBD.

Pemberdayaan Tim Sinergi

Di setiap provinsi dan kabupaten/kota telah terbentuk Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang keanggotaannya terdiri dari berbagai Dinas, Badan, Lembaga, Perusahaan, dan para pakar/dosen dari perguruan tinggi.

Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini setiap saat dan setiap waktu berkumpul di coworking space yang sudah disiapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota setempat, untuk berdiskusi, bertukar pikiran, berkolaborasi, membahas permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan peran perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan, pusat pemberdayaan masyarakat, dan pusat kebudayaan.

Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial bisa memfasilitasi para pemustaka, para mahasiswa, atau masyarakat, yang akan berkonsultasi tentang berbagai hal termasuk peluang berwirausaha. Dengan banyaknya para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat Pandemi Covid-19, Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial harus bisa memberikan berbagai pelatihan, workshop, solusi, memberikan jalan keluar, memberikan peluang berwirausaha, bagi para pekerja yang terkena PHK, sehingga mereka bisa bangkit untuk menjadi seorang wirausahawan yang handal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan