Kodam III Siliwangi Kirim 450 Prajurit Yonif 301/Prabu Kian Santang untuk Tumpas KKB di Papua

BANDUNG – Sebanyak 450 prajurit dari satuan Yonif 301/Prabu Kian Santang diberangkatkan ke Papua untuk bertugas membantu tugas pengamanan di Kabupaten Puncak Jaya.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo Melalui kepala penerangan Kodam III siliwangi Kolonel Infantri Arie Tri Hedhianto mengatakan, pasukan 301/PKS Prabu Kian santang merupakan satuan organik yang telah terlatih.

Prajurit Yonif 301/Prabu Kian Santang telah disiapkan untuk membantu sebagai satuan tuga (Satgas) untuk melaksanakan operasi keamanan di wilayah Papua.

Pasukan ini akan memiliki tugas pokok untuk memperkuat keberadaan Kodim dan Koramil dan memberikan pengamanan dari gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

‘’mereka akan bertugas selama sembilan bulan dengan mengutamakan pembinaan dan melindungi masyarakat di Papua,’’kata Arie dalam keterangannya, Minggu, (5/3).

Arie mengatakan, Panglima Kodam III Siliwangi berpesan, untuk membantu keamanana, setiap prajurit harus memiliki kemampuan intelejen dan siap bertempur.

Menurutnya, Wilayah Puncak Jaya merupakan daerah yang sering mendapatkan gangguan oleh para pengacau kriminal bersenjata.

Dengan begitu, setiap prajurit Prajurit Yonif 301/Prabu Kian Santang harus selalu waspada dan jangan sampai lengah.

Prajuri Kodam III Siliwangi harus Menang Perang dan dapat memelihara moril selama operasi dapat memelihara jiwa korsa.

“Pasukan yang cerdas adalah pasukan yang paham kekurangan satuannya sendiri dan bisa kuasai medan, juga dapat petakan daerah pilah pilih Siabidime,” pesan Panlima Kodam III siliwangi yang dibacakan Kapendam.

Prajurit Yonif 301/Prabu Kian Santang yang dikirim untuk bertugas harus fokus dan tidak perlu memikirkan apapun. Sebab, untuk keluarga yang ditinggalkan sudah diberikan jaminan oleh negara.

Selain itu, Pasukan 301/PKS Prabu Kian Santang harus bisa menjalin kerjasama dengan satuan lainnya untuk saling melindungi dalam menjaga stabilitas keamanan.

‘’Dan yang tak kalah penting adalah membantu masyarakat dan menhormati adat istiadat dan kebiasaan warga setempat,’’ucapnya.

‘’Ingat berangkat 450 orang, kembali 450 orang. Selamat Jalan dan selamat bertugas dengan hasil yang gemilang,’’ujar pesan Pangdam secara tertulis.

Prajurit Yonif 301/Prabu Kian Santang Prajurit Siliwangi dikenal sebagai petarung hebat, tidak pernah dalam sejarah perjuangan prajurit Siliwangi gagal dalam bertugas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan