Seragam TNI AD Baru? Ini Dia Motifnya

Jakarta- TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat) mempunyai seragam baru yang memiliki perubahan pada motifnya.

Seragam ini dikenalkan oleh oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada Rabu 3 Maret 2022.

Seragam itu diperkekenalkan olehnya pada kesempatan rapat pimpinan TNI AD tahun 2022 yang dilaksanakan di di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta.

Pada seragam TNI AD yang baru ini kabarnya motif khas Angkatan Darat yang mimiliki motif yang berbeda dari motif loreng pada umumnya.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Dudung mengatakan bahwa seragam baru ini diciptakan oleh Kasad sebelumnya yakni Andika Perkasa saat masih menjabat.

“Iya ini seragam baru. Seragam baru ini sebetulnya diciptakan Pak Andika Perkasa waktu (menjabat) Kasad, kemudian ada evaluasi dari para asisten, ada penambahan warna sedikit,” ungkap Dudung.

Dudung menambahkan bahwa  yang terdahulu menggunakan motif loreng TNI pada umumnya, yang disebut Loreng Malvinas.

“Angkatan Darat tidak punya loreng (yang khas) rupanya,” kata Dudung menjelaskan alasan ia memutuskan membuat seragam bermotif loreng khas TNI Angkatan Darat.

Perbedaan mencolok terlihat antara seragam yang baru dan seragam yang lama yang menggunaan loreng Malvinas TNI.

Perbedaan tersebut dapat dilihat dari penggunaan warna, komposisi, dan bentuk.

Seragam yang lama Loreng Malvinas yang dapat ditemukan pada seragam TNI pada umumnya terdiri atas tiga blok warna berukuran besar, yaitu warna hijau tua.

Sementara itu untuk seragam yang baru diperkenalkan itu punya blok warna lebih banyak, terutama untuk gradasi warna cokelat dan hijau.

Motif Loreng TNI AD yang diperlihatkan pada seragam baru Angkatan Darat itu memiliki blok-blok warna berukuran lebih kecil, yang terdiri atas warna hijau tentara dengan intensitas lebih terang.

Serta mwmiliki warna hijau zaitun (olive) terang, cokelat tua yang berpadu dengan cokelat muda, serta warna krem yang lebih terang.

Meski sudah dipamerkan, Kasad belum menyampaikan waktu seragam baru bermotif TNI AD itu secara resmi diluncurkan dan dipergunakan oleh prajurit Angkatan Darat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan