Puluhan Massa Arassy Berunjuk Rasa Desak Presiden Copot Menag Yaqut

SUKABUMI – Puluhan massa yang mengatasnamakan diri dari Aliansi Rakyat dan Aktivis Sukabumi Raya ( Arassy ) melakukan aksi unjuk rasa di Alun-alun Sukabumi, Selasa (1/3) kemarin.

Aksi tersebut dilakukan untuk mendesak Presiden Joko Widodo memecat Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Dasar dilakukannya aksi menurut Koordinator aksi massa Arassy Budi Lesmana, karena kegaduhan yang ditimbulkan menyusul terbitnya keputusan Menteri Agama yang meresahkan masyarakat.

Berjalannya aksi cukup tertib, dengan diawali pengumandangan azan lalu diteruskan dengan orasi dari perwakilan berbagai elemen.

“Kami mengecam dan mengutuk keras serta menuntut agar Menteri Agama segera dicopot dari jabatannya,” kata Budi Lesmana, kepada wartawan, kemarin.

Menurut Budi, Kebijakan yang dikeluarkan Menag, dinilainya teledor.

“Jadi yang lebih memprihatinkan lagi itu orang yang membenci bukan rakyat biasa, tapi orang yang punya jabatan dan punya kewenangan di bidang agama. Ini merupakan perbuatan yang sangat bodoh,” ujarnya.

Pihaknya meminta kepada pemerintah dan aparat penegak hukum agar segera mengabulkan permintaan elemen masyarakat.

“Selain menuntut pemecatan sebagai Menteri Agama, kami juga meminta peroses hukum di Polda Riau diproses secepatnya. Jangan sampai didiamkan begitu saja,” tegasnya.

Jika tuntutan pihaknya tidak digubris, Budi berencana akan mengadakan aksi massa dengan jumlah lebih besar lagi.

“Jika tidak ada kejelasan, kita tidak bisa diam saja. Kita akan terus melakukan aksi hingga berjilid-jilid sampai Menag dipecat,” pungkasnya. (sje/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan