Indonesia Bisa Diuntungkan dari Konflik Ukraina dan Rusia

JAKARTA – Jika konflik Ukraina dan Rusia terus berlanjut maka Indonesia bisa diuntungkan karena dapat meningkatkan harga komoditas dunia, termasuk hasil tambang. Hal tersebut diungkapkan Dosen Paramadina Graduate School of diplomacy Mahmud Syaltout.

Dia menyebutkan konflik Ukraina dan Rusia jika terus berlanjut, pemerintah Indonesia dapat meningkatkan harga komoditas dunia, termasuk emas, perak, aluminium, dan nikel.

“Indonesia saat ini dikenal sebagai negara penghasil emas, perak, aluminium dan nikel yang saat ini juga ikutan naik pasca meningkatnya eskalasi konflik Ukraina dengan Rusia,” ujarnya, Selasa (1/3).

“Jika kita bisa mengoptimalkan peluang ini, ekonomi kita bukan hanya selamat dari ancaman defisit karena dampak naiknya harga migas, tapi juga bisa untung besar,” tambahnya.

Mahmud mengatakan, berdasarkan hasil riset terkait perang-perang Asia saat perang dingin, tidak semua negara mengalami kerugian, defisit, ataupun krisis perdagangan maupun ekonomi. Beberapa negara justru diuntungkan oleh ketegangan konflik antar negara maupun perang terbuka.

Menurutnya, untuk mendapatkan untung besar di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina, Indonesia memerlukan strategi yang jitu terkait pertambangan, baik di hulu maupun hilirnya, termasuk terkait pembangunan smelter dan lain-lainnya.

“Di sinilah, Politik Bebas Aktif Indonesia menemukan relevansi dan signifikansinya,” kata Mahmud.

Hanya saja sebagai negara net importir minyak bumi, harga minyak dan gas bumi yang semakin tinggi pasca konflik antara Rusia dan Ukraina, dalam jangka panjang dapat merugikan Indonesia.

Jika tidak disiasati, harga minyak bumi dan gas yang tinggi akan semakin membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang telah tertekan oleh pandemi Covid-19.

“Pertumbuhan ekonomi kita yang lumayan membaik tahun 2021, bisa jadi terdampak,” ucapnya. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan