Waspada! Penyakit Ini Bisa Sebabkan Kematian Mendadak

JAKARTA – Ada sejumlah penyakit yang diam-diam bisa menggerogoti tubuh tanpa timbulkan gejala. Jika tidak diwaspadai, penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian mendadak.

Kematian mendadak seseorang kerap dikaitkan dengan silent killer disease. Berikut beberapa penyakit yang termasuk ke dalam ‘silent killer’ seperti dilansir dari PMJ News.

1. Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi jadi faktor risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Hipertensi berisiko mengakibatkan serangan jantung, aorta diseksi, dan stroke pendarahan. Semuanya menyebabkan kematian mendadak.

2. Jantung Koroner

Penyakit arteri koroner (coronary artery disease) kerap disebut penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner disebabkan penumpukan plak pada dinding arteri yang menyuplai darah ke jantung dan organ tubuh lain.

3. Diabetes

Diabetes ternyata jadi pintu masuk untuk penyakit-penyakit lain seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, neuropati, juga ketoasidosis diabetik yang bisa mengancam nyawa.

4. Osteoporosis

Tubuh ditopang oleh susunan tulang. Jika seseorang mengalami osteoporosis, tulang rusak lebih cepat daripada proses perbaikannya. Tulang jadi kurang padat dan mudah keropos.

5. Kanker Payudara

Kanker payudara memiliki reputasi sebagai salah satu kanker paling mematikan. Namun, deteksi dini akan membantu proses penyembuhan dan mencegah kematian. Deteksi dini bisa dilakukan dengan metode Sadari (pemeriksaan payudara sendiri).

Sadari dilakukan dengan mencermati perubahan bentuk dan permukaan kulit payudara, kemudian pada area puting pada 7-10 hari setelah menstruasi. Jika Anda menemukan perubahan sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan