Sakit Perut Bagian Kanan, Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini

JAKARTA Sering merasakan sakit perut bagian kanan harus memerlukan perhatian medis segera atau pembedahan.

Berikut ini beberapa penyebab sakit perut bagian bawah yang dilansir dari laman US News

1. Radang usus buntu

Usus buntu Anda berada di bagian kanan bawah perut Anda. Bentuknya seperti jari, dan panjangnya sekitar 4 inci. Meskipun usus buntu adalah bagian dari saluran pencernaan Anda, fungsinya tidak sepenuhnya jelas bagi para ahli kesehatan.

Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu Anda. Ini adalah salah satu penyebab paling umum untuk rasa sakit di sisi kanan bawah tubuh Anda, kata Dr. Matthew Brady, spesialis bedah umum dan kolorektal di Mission Hospital dan South Orange County Surgical Medical Group di Mission Viejo, California.

2. Gangguan Pencernaan

Penyebab rasa sakit yang kurang serius di sisi kanan bawah tubuh Anda adalah gas yang terperangkap atau gangguan pencernaan.

Hal itu biasanya terkait dengan jenis atau jumlah makanan yang Anda makan. Selain rasa sakit, gejala gas atau gangguan pencernaan meliputi bersendawa, merasa kembung, melewati gas, kram.

3. Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis adalah tonjolan di daerah selangkangan yang menjadi lebih terlihat saat Anda batuk atau berdiri. Ini hanyalah salah satu jenis hernia, dan lebih sering terjadi pada pria. Hernia inguinalis dapat terjadi di kedua sisi tubuh tetapi cenderung lebih sering terjadi di sisi kanan.

Selain rasa sakit di sisi kanan tubuh, gejalanya antara lain ada perasaan berat atau penuh di selangkangan, sakit saat batuk, sakit saat berolahraga.

4. Masalah Ginjal

Ginjal terletak tepat di bawah tulang rusuk, dan ada satu di setiap sisi tubuh Anda. Ginjal memiliki beberapa peran penting, seperti membuang limbah dari tubuh dan melepaskan hormon untuk membantu mengontrol tekanan darah dan kesehatan vitamin D.

Penyebab nyeri yang berpotensi serius di sisi kanan bawah tubuh adalah infeksi ginjal atau batu ginjal. Batu ginjal adalah endapan mineral dan garam yang terbentuk dalam berbagai bentuk dan ukuran di ginjal. Infeksi ginjal adalah salah satu jenis infeksi saluran kemih, atau ISK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan