Syarat Air Bersih dan Sehat untuk Penuhi Cairan Tubuh

JAKARTA – Kebutuhan air harian yang bersih dan sehat harus terpenuhi oleh tubuh. Jika kurang cairan, tubuh mengalami dehidrasi.

Seseorang direkomendasikan minum 8 gelas air per hari. Tetapi juga harus mempertimbangkan usia, ukuran, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik untuk menentukan berapa banyak air bersih yang harus diminum.

Survei yang dilakukan oleh Viessmann di Indonesia mengungkap standar air yang layak untuk diminum.

“Air minum yang sehat akan menjaga keluarga Indonesia dari penyakit pencernaan. Tak hanya air yang sehat, keamanan dan kebersihan air itu sendiri juga menjadi kebutuhan,” kata Dario Damati dari Product Owner Southeast Asia Solutions, Viessmann.

Kementerian Kesehatan menyebutkan air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Air yang bersih yaitu harus tidak berbau, warnanya jernih, rasanya tawar, dan tidak terpapar secara langsung dengan sinar matahari, dan tidak memiliki endapan di bagian bawah air.

Berikut ini syarat air minum yang bersih dan sehat

1. Jangan keruh

Misalnya air minum tidak boleh memiliki tingkat kekeruhan di atas 5,0 nephelometric turbidity unit (NTU). Air minum yang sehat dapat dilihat kasat mata dari kekeruhannya.

2. pH atau Tingkat Keasaman

Di antara zat kimia berbahaya lainnya yang dapat ditemukan dalam air, tingkat pH juga merupakan salah satu faktor yang sangat diperhatikan. pH aman standar layak minum 6,5 – 8,5.

3. Bebas Zat Kimia

Zat kimia lainnya seperti arsenik, merkuri, timbal, besi, mangan, aluminium, tembaga juga bahaya jika diminum. Maka bisa dibantu dengan alat
penyaring air.

4. Bebas Bakteri

Air harus tereliminasi dari zat biologis seperti bakteri e. Coli dan coliform sehingga menjaga keluarga Indonesia dari penyakit pencernaan. Harus sedimen, karat, ganggang dan partikel berbahaya lainnya memasuki air.

5. Tidak Berbau

Tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna. Tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya. Tidak mengandung logam berat. Bebas dari kuman, virus, bakteri serta kandungan lainnya seperti telur serangga dan pasir. (jawapos/ran)

Tinggalkan Balasan