Rayakan 49 Tahun, Danone-Aqua Hadirkan Inovasi untuk Pemberdayaan Masyarakat

JAKARTA – Merayakan hari jadinya yang ke 49 Tahun, Danone-Aqua tetap berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat.

Sejak didirikan pada tahun 1973 Aqua yang berada di bawah naungan Danone, telah menghadirkan berbagai inovasi dengan menghadirkan produk-produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) untuk mendukung kesehatan masyarakat.

Perusahaan terus menjalankan berbagai praktik bisnis yang berkelanjutan dengan kepedulian besar terhadap isu sosial dan lingkungan.

Lisa Tirto Utomo, Istri dari pendiri Aqua, Tirto Utomo, menjelaskan, Aqua hadir dari sebuah visi besar untuk menghadirkan produk berkualitas.

Kala itu, tidak banyak yang melihat pentingnya air minum yang berkualitas dengan pola pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

Sejak awal didirikan, Aqua selalu memegang teguh prinsip komitmen ganda dimana bisnis haruslah sejalan dengan kinerja sosial dan lingkungan.

Sejalan dengan hal tersebut, CEO Danone Indonesia, Connie Ang menjelaskan, hingga saat ini, Danone-Aqua membangun model pertumbuhan bisnis yang seimbang.

‘’Bisnis kita juga menciptakan nilai jangka panjang bagi para pemangku kepentingan,’’kata dia.

Connie menuturkan, seluruh program dikembangkan bekerjasama dengan melibatkan berbagai mitra secara kolaboratif.

‘’Pengembangan memiliki tiga fokus utama, yaitu menjaga sirkularitas sumber daya air, mitigasi perubahan iklim, dan pengelolaan sampah kemasan paska konsumsi”, jelas Connie.

Dalam menjaga sirkularitas sumber daya air, Danone-Aqua tercatat telah menanam lebih dari 2,5 juta pohon, membangun lebih dari 1.900 sumur resapan.

Selain itu, membangun lebih dari 81.000 biopori, membangun fasilitas panen hujan, serta mengembangkan 19 Taman Keanekaragaman Hayati.

Untuk mitigasi perubahan iklim, Danone-Aqua juga mengembangkan, program pengurangan jejak karbon dengan mendorong penggunaan energi terbarukan.

‘’Ini sudah menjadi Komitmen Danone-AQUA untuk menjadi perusahaan dengan Emisi Nol atau Netral Karbon dalam seluruh rantai pasok perusahaan pada tahun 2050.’’sebutnya.

Untuk penggunaan 100% energi listrik terbarukan pada tahun 2030. Pada periode 2019-2020, Danone – Aqua juga telah berhasil mengurangi jejak karbon sebesar 157, 597 ton CO2.

Untuk pengelolaan sampah kemasan paska konsumsi, Danone-Aqua mendukung target pencapaian pemerintah dalam hal pengelolaan sampah.

Melalui Gerakan #BijakBerplastik yang diluncurkan sejak 2018, Danone-Aqua berambisi untuk dapat untuk mengumpulkan lebih banyak plastik daripada yang di gunakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan