Bupati Bandung Sidak TPS Pasar Banjaran

SOREANG – Banyaknya keluhan masyarakat terkait menumpuknya sampah di Pasar Banjaran, membuat Bupati Bandung Dadang Supriatna melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke tempat pembuangan sampah (TPS) sementara di sekitar Pasar Banjaran, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Selasa (22/2) malam.

Setelah dilakukan investigasi, Dadang mengatakan, ternyata di lokasi TPS Pasar Banjaran itu ada pengumpulan sampah. Dan setelah dilihat, kata Dadang, ternyata koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup-nya kurang.

“Setelah sidak, ternyata betul ada kurang lebih 1000 ton sampah menumpuk di sekitar Pasar Banjaran. Saya kira cari solusi dan malam ini kita selesaikan selama 24 jam dan sampai Rabu, kita akan awasi. Dengan harapan pengangkutan sampah ini bisa selesai,” kata Dadang.

Dadang menegaskan, agar persoalan sampah itu untuk segera diselesaikan. Ia pun mengatakan, dalam penanganan sampah di lokasi itu sempat saling tuding, akibat koordinasi yang kurang baik di antara para pihak dalam penanganan sampah tersebut. Dengan harapan kedepannya tidak ada yang dirugikan.

“Pengangkutan sampah harus diselesaikan. Jika Selasa malam ini belum selesai pengangkutan, maka pengangkutan sampah bisa dilaksanakan dua sampai tiga hari kedepan, dan kita pun sudah siapkan armadanya,” tegasnya.

Kang DS panggilan akrab Bupati Bandung pun menginstruksi kepada Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung, karena kewenangan pasar berada di dinas tersebut untuk berkoordinasi dengan Camat Banjaran dan jajaran Forkopimcam Banjaran.

“Termasuk koordinasi dengan UPT Pasar Banjaran maupun dengan masyarakat yang sebelumnya sempat mengumpulkan sampah di TPS Pasar Banjaran tersebut. Silahkan untuk dirundingkan dalam penanganan sampah tersebut,” kata Kang DS.

Kang DS berharap UPT Pasar Banjaran bisa menjadi pengelola sampah sesuai regulasi yang ada. Sehingga, kata Kang DS, tidak terjadi saling tuding, dan persoalan ini segera diselesaikan. Kedepannya, diharapkan tidak ada lagi penumpukan sampah.

“Saya kira Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian sudah mempersiapkan dan memberikan alat atau kendaraan dalam rangka untuk pengangkutan sampah. Bahkan tahun ini kita anggarkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah mengatakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan jajaran Forkopimcam Banjaran dalam upaya percepatan penanganan sampah di Pasar Banjaran tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan