Tepat di Tanggal Cantik, Ridwan Kamil Resmikan Underpass Sriwijaya Kota Cimahi

CIMAHI – Proyek Pembangunan Underpass Sriwijaya Kota Cimahi sebesar Rp 84 miliar secara resmi telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Underpass tersebut, nantinya akan digunakan bagi kendaraan yang hendak menuju ke Jalan Dustira Cimahi.

Ridwan Kamil menyebut Underpass Sriwijaya merupakan pembangunan underpass yang pertama di Kota Cimahi. Proyek pembangunan jalan yang memiliki panjang 600 meter dan lebar mencapai 9 meter dengan tinggi mencapai 5,2 meter ini dibangun dibawah perlintasan Kereta Api ini sudah dibangun sejak tahun 2021 lalu.

“Hari ini (Selasa) di tanggal 22, bulan 2, di tahun 2022, di jam 2 ada peristiwa bersejarah, kami meresmikan penggunaan Inderpass pertama di Kota Cimahi. Dan UnderPass Sriwijaya yang akan membuat kelancaran bagi arus penumpang, barang, dan ekonomi masyarakat Kota Cimahi,” ucap Ridwan Kamil usai meresmikan Underpass Sriwijaya Kota Cimahi, pada Selasa (2/22).

Emil sapaan akrab Gubernur Jabar ini, mengatakan anggaran yang telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk konstruksi pembangunan sebesar Rp 105 miliar.

“Jadi tidak ada lagi di sini (Underpass Sriwijaya) bersilangan dengan Kereta Api. Nilainya ada sebagian dari Pemkot Cimahi untuk pembebasan lahan, ada dana konstruksi Rp105 miliar dari Pemprov Jabar,” katanya.

“Ini juga melengkapi perbaikan infrastruktur (di Kota Cimahi) termasuk peresmian Jembatan Leuwigajah yang sudah kami resmikan,” sambungnya.

Emil juga menuturkan, jika nantinya warga Kota Cimahi membutuhkan fasilitas lainnya seperti Flyover dan yang lainnya, maka Pemprov Jabar akan mengupayakan hal tersebut.

“Ke depannya, kami akan selalu mendengarkan keinginan, aspirasi warga Kota Cimahi untuk memperlancar ekonomi. Apakah ada tambahan underpass, flyover, atau apa pun yang sifatnya dibutuhkan,” tuturnya.

“Mudah-mudahan warga Kota Cimahi bisa menerima dengan baik. Titip, ini infrastruktur yang tidak murah. Oleh karena itu, dirawat dan dijaga, jangan sampai kotor dan tentunya kami ingin dengar perekonomian Kota Cimahi semakin maju,” pungkasnya. (mg4/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan