Ridwan Kamil Resmikan Jembatan Merah Cikidang untuk Mempermudah Akses Hasil Para Nelayan

PANGANDARAN – Setelah selesai dibangun, keberadaan Jembatan merah Cikidang  di Pantai Timur Pangandaran menjadi viral di media sosial (Medsos).

Jembatan yang memiliki latar belakang lepas Pantai Selatan itu, menjadi favorit warga dan para wisatawan untuk Swa foto.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, jembatan merah Cikidang  atau lebih dikenal dengan Jembatan Merah ini, menghubungkan pelabuhan pendaratan ikan Cikidang dengan kawasan pantai timur Pangandaran.

Nama Jembatan Merah sendiri merujuk pada warna cat dinding jembatan yang seluruhnya berwarna merah.

“Namanya sesuai aspirasi masyarakat yaitu Jembatan Merah pada kesempatan ini saya resmikan,” ucap Ridwan Kamil yang didampingi Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Sebetulnya Jembatan Merah sudah dioperasikan sejak akhir Desember 2021 lalu. Selain menjadi sarana penunjang aksesibilitas warga.

“Ini untuk mempermudah akses dan sudah viral sedikit demi sedikit oleh anak muda,” ujar Ridwan Kamil.

Selain itu hadirnya Jembatan juga akan meningkatkan perekonomian warga. Khususnya memperlancar distribusi bagi pasokan hasil tangkapan para nelayan.

‘’Ini juga akan mempermudah akses ke pelabuhan pendaratan ikan,’’ujarnya.

Kang Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, jembatan merah dibangun bersumberber dari APBD Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan jembatan ini merupakan satu dari deretan infrastruktur baru di area wisata Pangandaran.

Ridwan Kamil berharap obyek-obyek wisata di Pangandaran terus berbenah dan menjadi destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan.

Dirinya menilai, sejauh ini di Pantai Pangandaran sudah banyak perbaikan berbagai fasilitas dan insfrastruktur seperti Pantai Barat dan Timur.

Pemprov Jabar juga melakukan pentaan alun-alun Paamprokan, Alun-alun Parigi, Batu Hiu, Karang Tirta dan lainnya.

‘’Ini semata-mata agar Pangandaran selalu naik kelas menjadi daerah wisata terbaik di Indonesia,” pungkas Ridwan Kamil.

Untuk diketahui jembatan merah Cikidang sendiri dianggarkan APBD 2021 dengan menelan biaya sebesar Rp 4 Miliar untuk tahap pertama dengan biaya perencanaan sebesar Rp 600 juta lebih. (red).

Jembatan Merah Cikidang, Jembatan Cikidang, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Capres 2024, Tokoh Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran, Pantai Pangandaran,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan