Jalan Tol Terpanjang Di Indonesia Akan Di Bangun, Simak Informasinya

Jabarekspres.com – Pemerintahan Jokowi kembali membuat proyek besar dan menjadi prioritas utama. Proyek Jalan tol terpanjang di Indonesia akan hadir untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, distribusi barang serta aktivitas pariwisata. Jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ini rencana akan mulai pada tahun ini. Gedebage Junction Kabupaten Bandung menjadi titik awal dari rute tol terpanjang yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Melewati Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, hingga sampai ke wilayah Cilacap Jawa Tengah dengan total panjang yaitu 206,65 Km. Nilai investasi untuk proyek ini pun sebesar Rp 56 Triliun dan konsensi selama 40 tahun. Jalan tol GETACI merupakan jalan tol yang selaras dengan jaringan jalan nasional dan sebagai proyek strategis nasional lintas selatan di Pulau Jawa.

Pembangunan jalan tol terpanjang ini akan terbagi menjadi 2 tahap dan melewati 4 seksi. Pertama yakni mulai pada titik Gedebage Junction-Garut Utara (seksi 1) hingga Garut Utara-Tasikmalaya (seksi 2). Rencananya akan mulai pada akhir tahun 2022 dan selesai di tahun 2024. Kedua yakni titik Tasikmalaya-Patimuan (seksi 3) hingga Patimuan-Cilacap (seksi 4) yang akan mulai berjalan pada tahun 2027 dan selesai tahun 2029.

Dalam cnbcindonesia.com, Anggota BPJT Unsur Profesi, Koentjahjo Pamboedi pun mengatakan:

“Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut sehingga financial close untuk investasi ruas Tol ini dapat dilakukan 2 kali. Yakni kebutuhan ruas Gedebage – Tasikmalaya terlebih dahulu kemudian Tasikmalaya – Cilacap,” Ujar Koentjahjo.

Masyarakat pun sudah antusias dengan proyek besar dari PT Jasa marga dan memberikan komentar melalui platform youtube channel Official Jasa Marga. “Saya sebagai Warga Limbangan Garut, tak sabar proses pembangunan ini. Semoga bisa mengurai kemacetan daerah jalur selatan. Terutama di area Limbangan Garut, dan kawasan pabrik rancaekek.” Ujar Cahaya Telematika.

Akun bernama Askara Cipta Electric pun memberi komentar terkait pembangunan jalan tol terpanjang ini: “Mantap nih bisa ke pantai Pangandaran full tol dari jakarta…pantai yg berpontensi besar untuk pariwisata nya, semoga cepat terlaksana, amin.” Ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan