Isoman Berbayar di Hotel Lebih Murah Dibandingkan Rumah Sakit

BANDUNGPemerintah Kota (Pemkot) Bandung saat ini telah menyediakan tiga kategori tempat Isolasi Mandiri (Isoman). Salah satu kategorinya, yakni tempat Isoman berbayar.

Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, Asep Gufron menjelaskan nantinya untuk masyarakat yang Isoman berbayar akan diarahkan ke beberapa Hotel untuk menjalani masa pemulihan akibat terkena Covid-19.

Asep menambahkan, fasilitas Isoman berbayar hanya bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan gejala sedang dan berat yang nantinya akan ditanggung oleh Pemerintah.

“Kenapa berbayar, karena yang bergejala ringan itu tidak dirawat di Rumah Sakit, tapi sekarang ada. Nah kita nanti diarahkan ke Hotel yang berbayar, karena kan di Rumah Sakit  juga berbayar, kan yang ditanggung oleh Pemerintah itu yang gejala sedang dan berat, terkecuali yang ringan itu ada komorbid (penyakit bawaan),” katanya saat dihubungi Jabar Ekspres, Jumat (18/2).

Saat ini pihaknya telah merekomendasikan beberapa Hotel di Kota Bandung untuk dijadikan tempat bagi masyarakat yang hendak menjalani Isoman berbayar.

“Itu menjadi konsen, Rumah Sakit harus merawat, tapi kalau tidak ada komorbid seperti dia (Pasien Covid-19) hanya gejala ringan itu disarankan untuk Isoman. Sekarang Pemerintah telah  merekomendasikan beberapa hotel untuk dijadikan tempat Isoman berbayar,” ujarnya.

“Bahkan ini untuk antisipasi (terjadinya peningkatan BOR di Rumah Sakit), jadi misalnya ada yang mampu bayar, maka disarankan di Hotel saja, karena nanti di Hotel juga diperhatikan, ada Tenaga kesehatannya (Nakes) dan sebagainya, dan pihak Hotel menyediakan itu,” sambung Asep.

Asep menuturkan tempat Isoman di Hotel jauh lebih murah dibandingkan di Rumah Sakit. Namun ketika ditanya jumlah perbandingannya berapa, Asep enggan menyebutkan.

“Saya enggak bisa sebut di sini ya, itu nanti yang jelas kemarin baru hitungan dengan pihak Dinkes (Dinas Kesehatan), ternyata di Hotel lebih murah dibanding di Rumah Sakit (tempat Isoman),” pungkasnya.

Diketahui, guna mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 di masyarakat, Pemkot Bandung kini telah menyediakan 3 kategori tempat Isoman, seperti tempat Isoman di kewilayahan, tempat Isoman di Hotel untuk Nakes, dan di Hotel untuk Isoman berbayar. (mg4/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan