Ridwan Kamil Umumkan 50 Agenda Besar Pariwisata Jabar

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara resmi mengumumkan 50 agenda besar di sektor pariwisata. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, kalender kegiatan pariwisata tersebut tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat.

Ridwan Kamil menegaskan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam acara West Java Calender of Event 2022 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022). Dalam keterangannya, Ridwan Kamil membeberkan kalender kegiatan pariwisata, khususnya desa wisata yang akan menjadi kebanggaan di Jawa Barat.

Semula, kata dia, terdapat 500 agenda besar di sektor pariwisata di Jabar. Namun karena pandemi Covid-19 varian Omicron masih ada, ia mengurasi ratusan agenda tersebut hingga menjadi 50 dari seluruh kabupaten/kota.

“Kita menghadirkan Calender of Event. Ada 50 agenda besar yang kita kurasi. Sebenarnya ada 500-an. Tapi yang dikurasi agar bisa mewakili wajah pariwisata Jabar lebih kurang ada 50 dari seluruh kota/ kabupaten. Salah satunya desa wisata akan menjadi kebanggaan di Jawa Barat,  dan yang sekarang juga lagi tren, yaitu aktivitas luar ruang,” imbuh Kang Emil.

Ia juga menyinggung, dari sisi pemerintah, Pemda Provinsi Jabar akan kembali membangun beberapa infrastruktur sebagai penunjang pariwisata. Tak hanya itu, ada beberapa acara juga yang akan dilaksanakan untuk menarik wisatawan ke Jabar.

“Kita ingin memulihkan, mengembangkan, dan membangun fasilitas pariwisata dan event karena Jabar mempunyai kapasitas untuk menjadi provinsi terbaik dari ekonomi pariwisata,” ujarnya.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka keran sektor pariwisata. Ia menargetkan tingkat kunjungan wisata di Jawa Barat mencapai 40 jutaan wisatawan. Ia optimistis target tersebut bisa tercapai mengingat pada tahun 2022 merupakan tahun pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Ridwan Kamil optimistis pada tahun 2022 kunjungan wisatawan  terus mengalami kenaikan. Bahkan ia berharap bisa mengembalikan masa kejayaan pada tahun 2018. Di mana pada tahun tersebut mencapai 60 jutaan wisatawan  yang berkunjung ke Jawa Barat.

Hal ini dikatakan Ridwan Kamil saat menghadiri acara West Java Calender of Event 2022 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022). “Semoga sumbangan pariwisata Jawa Barat di tahun 2022 bisa meningkat. Target kita antara 36 juta sampai 40 juta wisatawan. Mudah-mudahan terus meningkat,” kata Ridwan Kamil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan