Ridwan Kamil Yakin Pariwisata Jabar Bisa Move On, Ini Syaratnya

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meyakini pariwisata Jawa Barat akan move on alias bangkit pada tahun 2022 ini. Hanya saja, ia mensyaratkan hal itu bisa terpenuhi jika wisatawan dan pengelola wisata disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Ridwan Kamil menegaskan syarat tersebut saat menghadiri acara West Java Calender of Event 2022 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022).

“Tolong semangati kawan-kawan, silahkan berwisata, tapi tetap disiplin protokol kesehatan bagi wisatawan. Untuk pengelola wisata, tolong (penerapan) Peduli Lindungi dimaksimalkan, sehingga bisa memilah mana pengunjung yang memiliki potensi COVID-19, dan mana yang sudah aman. Dengan begitu kita bisa move on  dan produktif membangun pariwisata Jawa Barat,” jelasnya.

Ia mengajak semua pihak untuk sama-sama memajukan pariwisata Jabar. Misalnya, dari sisi masyarakat umum, Ridwan Kamil mengajak untuk kembali berwisata ke Jawa Barat.

Namun Ridwan Kamil mengingatkan pentingnya mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker hingga menjaga jarak. Pasalnya, saat ini situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir sepenuhnya.

Sedangkan bagi pengelola tempat wisata, Ridwan Kamil berpesan agar konsisten dalam penerapan kedisiplinan prokes. Contohnya adalah dalam penerapan aplikasi Peduli Lindungi yang perlu dimaksimalkan kembali.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka keran sektor pariwisata. Ia menargetkan tingkat kunjungan wisata di Jawa Barat mencapai 40 jutaan wisatawan. Ia optimistis target tersebut bisa tercapai mengingat pada tahun 2022 merupakan tahun pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Ridwan Kamil optimistis pada tahun 2022 kunjungan wisatawan  terus mengalami kenaikan. Bahkan ia berharap bisa mengembalikan masa kejayaan pada tahun 2018. Di mana pada tahun tersebut mencapai 60 jutaan wisatawan  yang berkunjung ke Jawa Barat.

Hal ini dikatakan Ridwan Kamil saat menghadiri acara West Java Calender of Event 2022 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022). “Semoga sumbangan pariwisata Jawa Barat di tahun 2022 bisa meningkat. Target kita antara 36 juta sampai 40 juta wisatawan. Mudah-mudahan terus meningkat,” kata Ridwan Kamil.

Rasa optimis Ridwan Kamil sektor pariwisata bisa bangkit dan meraup banyak wisatawan didasari pada beberapa indikator. Pertama,  Ridwan Kamil menilai jika pandemi Covid-19 akibat Omicron segera melandai dalam waktu dekat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan