Begini Faktor-faktor Penyebab Kelelahan

JAKARTA Penyebab kelelahan bisa terjadi karena faktor-faktor sederhana seperti kurang tidur atau merasa kurang sehat. Akan tetapi, bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Kelelahan yang parah dapat berpotensi merusak kualitas hidup manusia dan malas menjalani aktivitas sehari-hari.

Kelelahan dapat diatasi dengan gaya hidup atau mengubah pola makan, memperbaiki kekurangan nutrisi, atau mengobati kondisi medis yang mendasarinya.

Dikutip dari laman Healthline, berikut ini penyebab tubuh selalu merasa kelelahan.

1. Tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sayangnya, banyak dari kita tidak mendapatkan cukup, yang dapat menyebabkan kelelahan.

Selama tidur, tubuh Anda melakukan sejumlah proses penting, termasuk melepaskan hormon pertumbuhan penting dan memperbaiki serta meregenerasi sel.

Maka dari itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang bangun dengan perasaan segar dan berenergi setelah tidur malam berkualitas tinggi.

Meskipun waktu tidur harus disesuaikan secara individual, American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan setidaknya 7 jam tidur per malam untuk kesehatan yang optimal.

2. Kondisi medis tertentu

Jika Anda mengalami kelelahan kronis yang tidak dapat dijelaskan, Anda harus mengunjungi dokter dan mendiskusikan gejala Anda.

Mereka mungkin merekomendasikan pengujian untuk menyingkirkan kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan kelelahan, seperti sleep apnea, hipotiroidisme, kanker, sindrom kelelahan kronis, multiple sclerosis, gangguan kecemasan, penyakit ginjal, depresi, diabetes, dan fibromyalgia.

Penting untuk diketahui bahwa merasa lelah sepanjang waktu adalah hal yang tidak normal. Jika Anda sering mengalami kelelahan, kemungkinan ada satu atau lebih penyebab.

3. Ketidakseimbangan Diet

Konsumsi makanan seimbang serta bernutrisi untuk mempertahankan energi dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan diet.

Kurang makan atau makan makanan ultra-olahan rendah nutrisi dapat menyebabkan kekurangan kalori dan nutrisi, yang dapat menyebabkan kelelahan.

Ketika Anda tidak mendapatkan cukup kalori dan nutrisi seperti protein, tubuh Anda mulai memecah lemak dan otot untuk memenuhi kebutuhan energi. Hal ini menyebabkan hilangnya lemak tubuh dan massa otot, yang dapat memicu kelelahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan