Teh Ini Bisa Bantu Ringankan Sakit Tenggorokan

JAKARTA – Salah satu gejala dari Covid-19 yang umum adalah batuk, sakit tenggorokan dan pilek. Jika mengalami sakit tenggorokan dan batuk, baik terkena Covid-19 atau tidak sebaiknya segera diobati.

Namun untuk meringankan sakit tenggorokan, minum teh bisa membantu. Banyak teh mengandung antioksidan, yang merupakan senyawa yang bisa membantu tubuh melawan penyakit seperti pilek dan virus lainnya.

Beberapa teh dan campuran herbal bersifat antiinflamasi, yang bisa membantu mengurangi rasa sakit tenggorokan dan pembengkakan yang berhubungan dengan pilek.

Madu secara alami antibakteri, dan membantu melapisi tenggorokan dan meredakan iritasi. Jadi, jika merasa tidak enak badan, minum beberapa cangkir teh hangat yang dicampur dengan madu bisa sedikit meringankan.

Seperti dilansir dari laman Allrecipes, ada beberapa teh terbaik untuk meredakan sakit tenggorokan.

1. Teh Akar Licorice

Teh akar licorice mengandung sifat antivirus dan antimikroba, yang bisa membantu melawan penyakit yang menyebabkan sakit tenggorokan dan batuk.

Ini adalah teh super manis yang akan Anda nikmati karena khasiat obatnya serta rasanya.

Namun, teh licorice juga bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

2. Teh Chamomile

Chamomile dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, membantu mengurangi pembengkakan dan memperbaiki jaringan.

Ini juga merupakan antispasmodik, yang berarti bisa membantu mengurangi batuk.

Menghirup uap chamomile adalah obat rumah yang populer untuk mengobati masalah pernapasan yang terkait dengan flu biasa.

3. Teh Kunyit

Kunyit memiliki sejarah panjang di negara-negara Asia Selatan sebagai antiseptik penangkal infeksi.

Anda bisa membeli kantong teh kunyit atau menambahkan kunyit bubuk ke dalam air mendidih dan menyaringnya untuk membuat teh kunyit Anda sendiri.

Kunyit memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antiseptik, membantu meredakan sakit tenggorokan.

4. Teh Hijau

Anda mungkin pernah mendengar teh hijau baik untuk Anda, tetapi mengapa? Teh ringan ini dikemas dengan asam amino, vitamin, dan mineral.

Namun, kekuatan melawan penyakit yang sebenarnya berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi.

Studi menunjukkan berkumur teh hijau pada suhu yang nyaman bisa membantu menangkal gejala sakit tenggorokan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan