Ridwan Kamil Beberkan Konsep Ekonomi Pancasila di Depan Para Tokoh Bangsa

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membeberkan konsep ekonomi Pancasila di depan para tokoh bangsa. Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil dalam acara Dialog Kebangsaan bersama tokoh bangsa yang disiarkan langsung oleh TV One, Senin 14 Februari 2022.

“Jangan lupa, ekonomi kita adalah Ekonomi Pancasila, ada sila ke-5 (keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, red),” imbuh Ridwan Kamil di depan para tokoh bangsa yang hadir.

Acara dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat AHY, dan sejumlah panelis.

Ridwan Kamil yang juga tokoh nasional ini, mengatakan, apabila ekonomi Pancasila telah diterapkan semua pelaku ekonomi, khususnya para pengusaha besar, tentu akan memajukan perekonomian di Indonesia.

“Kalau ekonomi kapitalis terus yang ada hanya kompetisi value-nya. Sedangkan kalau ekonomi Pancasila, kan ada kompetisi dan ada kooperasi. Yang kaya makin kaya, yang miskin kebawa-bawa,” sambungnya.

Ridwan Kamil menambahkan sudah seharusnya para pengusaha besar yang berkompetisi, bisa memikirkan juga perkembangan ekonomi masyarakat luas, terutama yang belum sejahtera.

“Jadi di dalam berkompetisi itu yang kaya boleh kaya, yang miskin harus bisa kebawa-bawa (kaya, red),” tutup lelaki yang digadang-gadang untuk ikut bursa capres 2024 ini.

Seperti diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi gubernur pertama yang menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinasnya sejak tahun 2020 lalu. Ridwan Kamil bangga dengan mobil listriknya dan sedang mengkampanyekan pengalihan kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.

“Saya adalah gubernur yang mobilnya pakai mobil listrik. Karena saya harus mengkampanyekan sebuah transisi dari mobil fosil fuel ke sesuatu yang baru,” kata Ridwan Kamil belum lama ini.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat punya strategi baru untuk meningkatkan produktivitas sektor perikanan tangkap di Jawa Barat. Ridwan Kamil mempraktikkan ekonomi masa depan dengan pemanfaatan teknologi fish finder. “Kita sudah mempraktikkan gagasan-gagasan masa depan itu di Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan jika nelayan di Jawa Barat (Jabar) menangkap ikan di laut menggunakan handphone atau hape. Ridwan Kamil menyinggung teknologi fish finder dalam sesi tanya jawab. (and)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan