Ini Manfaat Minum Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

2. Mengurangi tekanan darah darah dan risiko stroke

Melengkapi air kelapa dengan makanan kaya kalium lainnya dalam pola asupan nutrisi kita tentunya bisa bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung.

Air kelapa juga ternyata dapat mendukung pencernaan yang baik sehingga tubuh dapat melakukan metabolisme dengan maksimal.

Hal itu dapat terjadi berkat kandungan magnesium dan mineral yang membantu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak dan mencegah sembelit.

Selain itu karena berupa cairan, tentunya air tersebut dapat menghidrasi. Dr. Rita menyebutkan hidrasi yang memadai secara umum juga penting untuk membantu mengatur pergerakan usus.

Tidak hanya baik untuk pencernaan, rupanya air tersebut juga dapat mendukung imunitas tubuh untuk tetap terjaga berkat manfaat hidrasinya.

Jika kita tengah sakit atau terinfeksi virus termasuk Covid-19 tubuh bisa kehilangan sejumlah besar cairan saat kita demam, atau muntah dan diare.

Dr. Rita menyebut bahwa air kelapa dapat membantu status hidrasi dan menyeimbangkan elektrolit lebih baik daripada air biasa dalam skenario ini.

Pada beberapa varian air tersebut bahkan sudah mengandung vitamin C dan D yang dapat memberikan dukungan kekebalan yang lebih baik.

Selain itu, penting juga untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik setelah melakukan vaksin, salah satunya bisa dilakukan dengan minum air kelapa.

3. Bantu manajemen berat badan

Banyak orang salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar, mendorong mereka makan dan minum- minuman manis berlebihan sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

Meskipun air kelapa memiliki lebih banyak kalori daripada air biasa, namun secara substansial lebih rendah kalori daripada minuman lain seperti soda, jus ataupun minuman bergula lainnya.

Proses sederhana mengganti minuman manis dengan air tersebut dapat membantu kita mengurangi kalori selama seminggu. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan