Begini Klarifikasi KPK Soal Firli Bahuri Sebar SMS Blast Bukan Tentang Korupsi

JAKARTA – Pesan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri yang disiarkan secara masif melalui SMS ramai menjadi perbincangan publik terutama di media sosial.

Pesan dari Firli Bahuri itu berisi kata-kata mutiara, bukan pendidikan antirasuah atau berkaitan dengan pencegahan korupsi.

“Manusia sempurna bukanlah manusia yang tidak pernah berbuat salah, tetapi manusia yang selalu belajar dari kesalahan. Ketua KPK RI,” demikian isi SMS blast yang diposting akun @robi_zam-zam di Twitter.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan SMS itu resmi dari lembaganya lewat pihak kedua. Dia mengatakan, punya proyek pengadaan SMS Blast.

“Betul, KPK melakukan pengadaan dimaksud,” ucap Fikri saat dikonfirmasi, Senin (14/2).

Fikri menyatakan pengadaan serupa telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Dia juga menegaskan tender proyek dilakukan secara terbuka.

“Pengadaan ini juga telah dimasukkan dalam rencana anggaran biaya yang mengacu pada standar biaya masukan dari Kemenkeu,” kata Fikri.

Fikri menyebutkan isi SMS blast itu untuk menyampaikan berbagai pesan antikorupsi, salah satunya LHKPN.

Dia menambahkan terhadap satu wajib lapor misalnya bisa dikirimi sms beberapa kali, di antaranya permintaan token, pemberitahuan LHKPN sudah dikirimkan, informasi LHKPN telah lengkap, pemberitahuan LHKPN perlu perbaikan, pengingat pelaporan LHKPN, pengingat LHKPN dikembalikan ke draf, pemberitahuan isi survei e-LHKPN, dan notifikasi validasi data wajib lapor.

“Informasi terkait paket-paket pengadaan KPK dapat diakses secara terbuka melalui LPSE Kemenkeu, silakan publik untuk mengawasi,” pungkasnya. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan