Tanaman Stevia, Si Manis yang Menjanjikan

Tanaman Stevia dengan nama latin Stevia, rebaudiana memiliki rasa manis mulai dari daun sampai batangnya. Rasa manisnya memiliki manfaat sangat baik bagi tubuh. Sebab, miliki kandungan kalori sangat rendah. Bahkan, manisnya tanaman ini memiliki keuntungan menjanjikan.

Yuli S. Yulianti, Soreang

Keberadaan tanaman Stevia mungkin masih belum banyak dikenal masyarakat. Padahal, tanaman ini memiliki prospek menjanjikan bila dikembangkan.

Tanaman Stevia merupakan tanaman perdu yang memiliki rasa manis baik dari daunnya maupun sampai akarnya. Namun, tanaman ini tidak mengandung tinggi kalori seperti gula dari tebu.

Untuk Kadar manisnya Stevia yang sudah menjadi ekstrak bubuk gula memiliki rasa manis lebih tinggi bila dibandingkan dengan pemanis rendah kalori dari jagung. Sehingga, sangat cocok bila di konsumsi oleh penderita Diabetes.

Di Kabupaten Bandung Stevia tumbuh sangat subur di Kecamatan Pasirjambu, Gambung, dan Kertasari. Namun untuk luas Lahan masih terbatas yakni sekitar 10 hektare saja.

Melihat potensi ini, sebetulnya Dinas Pertanian dan Perkebunan (Disperbun) Kabupaten Bandung berencana akan melakukan pengembangan tanaman Stevia dengan memperluas lahan tanam.

Ditemui di ruang kerjanya Kepala Disperbun Tisna Umaran memaparkan lebih detal jenis tanaman ini. Menurutnya, Stevia adalah tanaman dari jenis spesies Stevia rebaudiana. Daun hijau Stevia memiliki rasa sangat manis tapi tidak mengandung kalori gula.

Meskipun di Kabupaten Bandung lahan Stevia masih sedikit, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi minum gula rendah kalori ke masyarakat dengan mengembangkan tanaman Stevia secara luas.

“Kalau dilihat sisi potensi, Kabupaten Bandung untuk mengembangkan gula stevia sangat besar potensinya, karena stevia itu hidup di dataran tinggi, dan bisa toleran di bawah tegakan,”jelas Tisna ketika di temui kemarin (11/4)

Dia memaparkan, tanaman Stevia sangat cocok ditanam di dataran tinggi dan bisa dilakukan dengan cara stek dari batannya. Stevia bisa di tanam di halaman rumah atau untuk areal lahan, bisa digabungkan dengan komoditas lain seperti kopi.

Tanaman Stevia dan Pengembangannya

Lahan Stevia yang ada di Kabupaten Bandung memang dikembangkan oleh pihak swasta dari Kimia Farma untuk kebutuhan industri. Sehingga, dalam pengelolaannya di butuhkan proses dan peralatan untuk mengubah dau Stevia menjadi bubuk gula.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan