Bukan Covid-19! Ini Sebab Lain yang Bisa Bikin Batuk Parah

JAKARTA – Jika selama ini batuk parah sering dikaitkan dengan Covid-19, maka buang jauh-jauh pikiran tersebut.

Karena batuk parah bukanlah satu-satunya pertanda anda terserang Covid-19.  Ada beberapa penyebab yang menyebabkan batuk terjadi.

Berikut masalah kesehatan lain yang mungkin menjadi penyebab batuk parah seperti dikutip dari PMJ News.

1. Asma

Saluran napas pada penderita asma akan mengalami inflamasi dan penyempitan. Di saat yang sama, peningkatan produksi lendir akan menyebabkan obstruksi pada saluran pernapasan.

Salah satu gejala paling umum yang muncul akibat kondisi ini adalah batuk kronis atau batuk yang terus-menerus dalam jangka panjang. Frekuensi dan intensitas gejala asma bisa berubah, bergantung pada cuaca dan faktor lain.

2. Infeksi

Batuk yang persisten bisa jadi merupakan bentuk konsekuensi yang menetap dari suatu infeksi. Beberapa infeksi seperti flu dan pneumonia, misalnya, dapat memicu gejala batuk dan lelah yang berlangsung lama meski infeksinya sudah sembuh.

3. Postnasal Drip

Produksi lendir berlebih di hidung bisa membuat lendir jatuh ke dalam tenggorokan. Kondisi ini akan memicu terjadinya iritasi dan batuk yang persisten. Produksi lendir berlebih pada hidung ini dikenal sebagai postnasal drip.

4. PPOK

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan sebuah masalah kesehatan yang menyebabkan kerusakan pada saluran napas. Batuk persisten merupakan salah satu gejala dari PPOK. Batuk yang terjadi bisa berupa batuk kering atau batuk berdahak.

5. Masalah Pencernaan

Banyak yang mengira masalah pencernaan dan batuk seperti dua masalah kesehatan yang tidak berkaitan. Akan tetapi, masalah pencernaan sebenarnya bisa menyebabkan batuk yang terjadi secara terus-menerus. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan