Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

JAKARTATidur tanpa terbangun di malam hari alias tidur nyenyak adalah hal yang diinginkan semua orang agar saat bangun dipagi hari tidak merasakan kantuk.

Buat Anda yang punya masalah dengan fase tidur nyenyak, berikut ini tips yang dilansir dari laman Healthline yang bisa Anda coba untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Tidurlah pada waktu yang sama setiap harinya, demikian juga jam bangun tidur Anda.
  2. Rutin berolahraga, cukup 20 hingga 30 menit setiap harinya, namun hindari berolahraga menjelang jam tidur.
  3. Minum air putih dan hindari minuman berkafein
  4. Ciptakan rutinitas setiap menjelang tidur, seperti baca buku contohnya.
  5. Hindari tidur dengan lampu terang
  6. Hindari penggunaan perangkat elektronik menjelang tidur
  7. Ganti bantal Anda jika tidak lagi terasa nyaman.

Jika Anda punya masalah dengan gangguan kecemasan, kualitas tidur Anda juga terdampak oleh rasa cemas yang tak ada habisnya.

Menurut TechRadar, masalah tidur yang disebabkan rasa cemas, sebenarnya dapat diatasi, dengan mengaplikasikan sesuatu yang berat, seperti selimut.

Dengan menggunakan selimut berat, mereka dengan gangguan kecemasan akan lebih mudah tertidur, dibandingkan ketika tanpa selimut.

Hal tersebut akan memberikan efek seperti dipeluk orang, hal ini diklaim ahli dapat menciptakan perasaan tenang, membantu orang untuk mencapai tidur yang mereka dambakan.

Selain itu, pada kasus orang lelah tapi gak bisa tidur, bisa jadi pertanda dari sindrom fase tidur yang tertunda.

Sindom fase tidur yang tertunda umumnya disebabkan oleh jam tidur yang mundur, dua jam atau lebih, dari jam tidur normal.

Tidak hanya mempengaruhi mereka yang masih di usia muda, mereka yang lelah tapi gak bisa tidur, juga muncul pada mereka yang punya masalah insomnia kronis. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan