Angka Kasus Covid-19 di Bandung Melejit, 3 Ruas Jalan Akan Dilakukan Penyekatan

BANDUNG – Guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 terutama varian Omicron, petugas gabungan dari jajaran Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan (Dishub) akan kembali melakukan penyekatan di 3 ruas jalan.

Hal tersebut juga bersamaan dengan diterapkannya kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Bandung.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, penyekatan 3 ruas jalan tersebut akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 18.00 Wib – 24.00 WIB.

Dia menyebut, tiga ruas jalan tersebut terdiri dari Lengkong Kecil, Tamblong – Asia Afrika, dan Dipatiukur.

“Nanti evaluasinya setiap dua minggu sekali, setelah Inmendagri (Instruksi Mentri Dalam Negri) turun, dan misalnya Kota Bandung (PPKM) dari level 3 turun ke level 1. Jadi kita bareng dengan Inmendagri,” ucapnya saat dikonfirmasi pada Jum’at (11/2).

Asep juga mengungkapkan bahwa penerapan kebijakan buka tutup di tiga ruas jalan tersebut dikarenakan rawan terjadinya kerumunan. Terutama seperti di Jalan Lengkong Kecil, saat ini telah menjadi destinasi wisata kuliner yang notabenenya masih abai terhadap penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Masih banyak yang jualan, yang notabene tidak (menerapkan) prokes. Jadi harus dipahami dan dilaksanakan (penutupan jalan),” jelas Asep.

Sementara itu, mengenai rencana penambahan ruas jalan, Asep menuturkan bahwa pihaknya masih melihat situasi dan kondisi.

“Lihat situasi dan kondisi, karena kami juga tidak bisa bekerja sendiri. Ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kota Bandung dengan TNI-Polri,” tuturnya.

Asep memastikan dalam pelaksanaan penyekatan ini, sebanyak 653 petugas gabungan dari TNI, Polri, Dishub Kota Bandung, dan satpol PP akan dikerahkan.

“635 itu terdiri dari Dishub Kota Bandung sebanyak 110 orang, Satpol PP 105 orang, Polrestabes Bandung 400 orang, dan TNI sebanyak 20 orang. Jadi, total dalam satu kegiatan ganjil-genap Bandung itu ada sekitar 635 di lima titik dan tiga penutupan jalan Bandung,” pungkas Asep. (Mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan