Tips Merawat Cat di Body Motor Supaya Tetap Kinclong

MOTOR merupakan salah satu kendaraan yang banyak dipilih masyarakat Indonesia karena memiliki segudang keunggulan. Mulai dari harganya lebih murah, mudah bermanuver saat macet, sampai sistem pengoperasiannya juga mudah. Dari banyaknya merek motor yang ada di Tanah Air, Honda Beat menjadi salah satu yang paling banyak diminati.

Sudah menjadi rahasia umum jika harga motor Beat sangat terjangkau, mulai dari belasan juta saja. Selain itu Beat juga terkenal sangat irit bahan bakar sekaligus memiliki beragam model yang modern. Sayangnya, dengan penggunaan harian, cat motor Beat bisa kusam dan tidak enak dipandang. Mari simak tips merawat cat di body motor supaya bisa kinclong meski digunakan setiap hari.

Pilih Parkir di Tempat Tertutup

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat cat memudar seiring waktu. Maka dari itulah hindari parkir di tempat yang memiliki paparan matahari langsung. Selain membuat tampilan motor jadi kusam, panas matahari juga bisa membuat bensin mudah menguap.

Tidak hanya saat matahari terik saja, paparan air hujan yang berlebihan juga buruk untuk cat motor. Karena itu sangat disarankan untuk memilih tempat parkir yang tertutup. Apalagi jika motor diparkir dalam jangka waktu yang lama. Jika tempat yang dituju tidak memiliki parkir tertutup, siasati dengan selalu membawa cover atau pelindung motor.

Cuci Motor Secara Teratur

Salah satu yang membuat tampilan motor jadi kusam dan terlihat kotor karena jarang dibersihkan. Debu yang menumpuk ditambah lagi pasir-pasir yang menempel setelah hujan membuat motor kurang enak dipandang mata. Oleh karena itulah, sangat disarankan untuk mencuci motor secara teratur.

Tidak hanya kotoran dan debu saja, minyak atau oli yang bertengger di motor membuat tampilannya kurang maksimal. Anda perlu rutin untuk mencuci motor, setidaknya 2 bulan sekali. Namun jika musim hujan disarankan lebih sering mencucinya.

Gunakan Lap yang Lembut

Saat proses mengeringkan motor pun juga perlu berhati-hati dan memilih alat yang berkualitas. Supaya tidak muncul baret-baret di body motor, sangat disarankan untuk menggunakan lap yang lembut. Khususnya untuk lap di body-body motor yang terlihat. Ada banyak sekali jenis lap motor lembut yang dipilih, contohnya kain microfiber, bahan katun, sampai dengan yang berbahan nylon atau polyester.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan