Tips Merawat Cat di Body Motor Supaya Tetap Kinclong

Banyak sekali merek-merek lap motor yang sudah terkenal, Anda perlu pilih yang paling cocok. Selain memilih lap yang lembut, gunakan jenis lap yang berbeda untuk setiap bagian. Misalnya saja lap digunakan untuk kolong, jangan digunakan pada body atas. Karena seringkali lap bagian kolong memiliki kotoran yang lebih banyak. Jika digunakan untuk bagian body atas, malah memberikan tambahan kotoran.

Bersihkan Setelah Terpapar Hujan

Cara lainnya untuk menjaga kecantikan cat dari body motor adalah mencucinya setelah terpapar air hujan. Kandungan asam dari air hujan bisa membuat cat body motor bisa jadi kusam dan tidak cantik lagi. Dengan alasan itulah, sangat disarankan untuk mencuci langsung setelah terpapar hujan.

Selain buruk untuk cat motor, air hujan juga tidak bagus untuk beberapa bagian. Contohnya saja kampas rem, mesin, suspensi, karet seal, tutup busi, rantai motor, dan komponen yang terbuat dari logam lainnya. Kandungan garam yang tinggi di dalam air hujan bisa menyebabkan kerusakan serta korosi pada beberapa bagian.

Gunakan Cairan Khusus Pencuci Bodi Motor

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahan pembersih motor. Jangan sembarangan mencuci motor dengan deterjen atau shampo biasa. Karena kandungan bahan kimia yang terdapat di cairan deterjen juga bisa membuat cat jadi kusam.

Pilih cairan khusus pencuci bodi motor, untuk mereknya sesuai dengan pilihan masing-masing. Tidak hanya membersihkan, cairan tersebut juga biasanya akan membuat tampilan jadi lebih mengkilap. Kandungannya sudah disesuaikan sehingga membuat cat motor jadi lebih awet.

Manfaatkan Bahan Pengkilap Motor

Supaya bisa mendapatkan hasil kilap yang instan ada banyak bahan yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari menggunakan minyak kayu putih, minyak goreng, beeswax, sampai menggunakan berbagai produk pengkilap. Namun hindari mengkilapkan di bagian jok motor karena akan membuat tempat duduk jadi licin dan membahayakan.

Jika ingin melakukan pencegahan dari awal, Anda bisa memasang skotlet di motor. Ini merupakan seni untuk memasang motor dengan stiker, gunanya memperpanjang usia cat di body motor. Melindungi motor dari warna yang pudar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan