Normalkah Anak Alami KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19? Ini Penjelasannya

JAKARTAVaksin anak usia enam tahun ke atas telah digelar oleh pemerintah. Reaksi setiap anak setelah menerima vaksinasi Covid-19 berbeda-beda.

Kementerian Kesehatan menyebut reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau disingkat KIPI, merupakan reaksi wajar yang ditunjukan tubuh anak pasca vaksinasi Covid-19.

“KIPI merupakan reaksi wajar sebagai bentuk respon tubuh terhadap vaksin yang disuntikan. Jadi tenang dulu ya,” tulis Kemenkes RI di laman Facebooknya.

“Apabila terjadi efek samping serius, pasien akan menerima perawatan medis, dan seluruh biaya ditanggung pemerintah,” tambahnya.

Ini yang perlu diketahui orang tua terkait KIPI:

  • Tidak semua orang yang disuntik vaksin Covid-19 mengalami reaksi atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.
  • KIPI atau reaksi yang muncul setelah vaksinasi, jauh lebih ringan dibandingkan terkena Covid-19, atau komplikasi yang disebabkan Covid-19.
  • Reaksi yang muncul pasca pemberian vaksin Covid-19 (KIPI), merupakan sesuatu yang wajar sebagai bentuk respon tubuh terhadap vaksin yang disuntikan.
  • Ada pun efek samping vaksin Covid-19 yang mungkin muncul pada anak menurut Kemenkes RI:

Lokal:

Nyeri Lokal, pengerasan, kemerahan, gatal, demam

Sistematik:

Sakit kepala, penurunan selera makan, diare, muntah, erupsi kulit dan selaput lender, nyeri otot, lemas, hipersensitivitas

Vaksin Anak di Bawah Lima Tahun

Tidak terkait dengan sosialisasi di Kemenkes RI di atas, Pfizer dan BioNTech dikabarkan tengah menanti persetujuan FDA akan otorisasi vaksin Covid-19, diperuntukan untuk anak berusia di bawah 5 tahun.

Seperti di ketahui, Anak di bawah 5 tahun hingga saat ini, belum memiliki akses akan perlindungan vaksin Covid-19.

Dan menurut kabar terbarunya, vaksin kolaborasi dua produsen vaksin ini, sudah akan tersedia setidaknya pad akhir Ferbruari 2022 ini.

Vaksin Pfizer dan BioNTech ini sendiri akan terbagi menjadi dua dosis. Usia penggunanya adalan antara 6 bulan hingga lima tahun.

Administrasi vaksin Pfizer dan BioNTech ini diperkirakan bakal kelar dalam beberapa hari ke depan.

Vaksin ini sendiri merupakan jawab Pfizer dan BioNTech, akan kebutuhan masyarakat dunia, khusunya di rentang usia tersebut, akan vaksin Covid-19.

Pfizer dan BioNTech sendiri disebut tengah melanjutkan penelitian mereka akan dosis ketiga, sembari menunggu hasil ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan