DPRD Jabar: Perbanyak Aksi Nyata untuk Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

BANDUNG – Peningkatan kasus penyebaran Covid-19 belakangan ini meningkat pesat. Menurut data yang dipublikasikan Humas BNPB, Sabtu (5/2) terdapat tambahan kasus Covid-19 sebanyak 33.729 kasus.

Dari data tersebut, tercatat kasus penyebaran Covid-19 paling banyak ditemukan di DKI Jakarta dengan 12.774. Sementara Jabar berada diposisis kedua dengan 8.053 kasus.

Menggapi hal tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Jabar, H. Syahrir, mengatakan dalam menghadapi pandemi diperlukan sinergitas antara pemerintah dengan semua komponen masyarakat.

“Pemerintah tidak bisa sendirian dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sedang kita hadapi ini, semua elemen masyarakat harus berperan aktif dan melakukan aksi-aksi nyata,” ungkap politisi Gerindra ini kepada wartawan dalam acara Silaturahmi dengan JARI RAYA di Bandung, Sabtu, (5/2).

Menurutnya, salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan percepatan pelaksanaan program vaksinasi.

“Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mendapatkan vaksin maka diharapkan proteksi tubuh masyarakat juga menjadi lebih baik sehingga penyebaran virus dapat ditekan,” hematnya.

Di beberapa kabupaten di Jawa Barat sendiri, lanjut dia, masyarakat yang belum mendapat vaksin kedua masih cukup banyak.

“Sebagai contoh, masyarakat Cianjur dan Garut yang mendapatkan vaksin kedua belum sampai 50 persen. Sisa pemberian vaksin kedua harus segera dikejar. Ini kita belum bicara soal vaksin ketiga atau booster,” lanjut Syahrir.

Oleh sebab itu, dalam rangka memaknai HUT ke-14 Gerindra, DPD Jawa Barat menggelar Gebyar Vaksinasi di 27 kota/ kabupaten se-Jawa Barat.

Kegiatan ini di-inisiasi oleh Gerindra dan Jaringan Aksi Rakyat Indonesia Raya (JARI RAYA) serta didukung oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas II Bandung serta pemerintah daerah setempat.

Gebyar vaksinasi ini telah dilakukan di Bandung (1/2) dan Garut (3/2). Pelaksanaan berikutnya di Indramayu (8/2) serta dilanjutkan ke daerah-daerah lain di Jawa Barat.

“Kegiatan ini merupakan sinergi yang terjalin antara Gerindra, pemerintah pusat dan daerah serta masyarakat luas (JARI RAYA). Hal ini sejalan serta mencerminkan tema HUT ke-14 Gerindra, yakni Bersatu Membangun Bangsa,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua JARI RAYA La Ode Kamaludin menyatakan akan menggelar Gebyar Vaksinasi bersama Gerindra di 14 provinsi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan