Ini Paket Obat Gratis yang Bisa Diminum untuk Pasien Covid-19 Bergejala Ringan

JAKARTA -.Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengakomodasi pasien positif Covid-19 yang sedang isolasi mandiri. Dengan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis. Layanan telekonsultasi ini dapat diakses melalui isoman.kemkes.go.id bekerja sama 17 platform telemedicine. Untuk obat gratis berupa Paket A dan B.

1. Paket A Tanpa Gejala

Untuk Paket A pasien tanpa gejala mengonsumsi berbagai vitamin. Terdiri multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet.

2. Paket B Gejala Ringan

Pasien bergejala ringan terdiri multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200mg 40 tablet. Kemudiam juga parasetamol 500mg (jika dibutuhkan).

Pasien Covid-19 gejala ringan disarankan agar isolasi mandiri di rumah saja. Apalagi jika saturasi masih di atas 95 persen dan tak ada sesak napas. Obat-obatan bisa diakses dengan telemedicine.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan paket obat untuk pasien Covid-19 bergejala ringan disesuaikan dengan resep dari salah satu dari 17 layanan telemedicine. Obat di luar paket ditebus dan dibayarkan di luar layanan telemedicine isoman.

“Sasaran layanan telemedicine Isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak Isoman, Diperiksa di wilayah Jabodetabek, berdomisili di Jabodetabek,” katanya dalam keterangan resmi Kemenkes.

Sementara itu, untuk masyarakat dengan keterbatasan akses telepon genggam dan internet, seseorang yang sempat kontak erat dengan pasien Covid-19 tentu terkadang tak memahami apa yang harus dilakukan. Seseorang dapat melaporkan kasus positif atau kontak erat pada Puskesmas setempat agar diberikan pemeriksaan PCR gratis untuk kontak erat.

Di samping itu, konsultasi seputar gejala dan konsumsi obat Covid-19 dapat dilakukan juga secara langsung dengan petugas Puskesmas di tempat tinggal masing-masing. Akses pelacakan kontak erat juga dibantu dengan history di PeduliLindungi dan juga SMS blast. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan