Bulan Vitamin A, Balita di Depok Jadi Sasaran

DEPOK – Setiap bulan Februari dan Agustus ditetapkan pemerintah menjadi Bulan Vitamin A bagi anak usia di bawah lima tahun (balita).

Dalam rangka pelaksanaan bulan vitamin A ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan memberikan vitamin A kepada 114.483 balita yang ada di Kota Belimbing itu.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan pemberian vitaminA menyasar kepada balita dengan berbagai kategori usia.

“Untuk balita berusia 6-59 bulan, pemberian vitamin A kan diberikan kepada 114.483 balita,” kata Zakiah, Jumat (4/2).

Sementara, lanjut dia, untuk pemberian vitamin A untuk usia 6-11 bulan akan diberikan kepada 13.107 balita.

“Sedangkan untuk usia 12-59 bulan diberikan kepada 101.376 balita. Pemberian vitamin A ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuhnya,” kata dia.

Ia lebih lanjut mengatakan, target utama pemberian vitaminA sendiri tak lain agar membentuk imunitas tubuh pada balita.

“Target kami seluruh anak mendapatkan vitaminA untuk menambah kekebalan tubuh mereka,” tuturnya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak.

“Sebab vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh,” ungkap dia.

Tidak hanya itu, Zakiah juga menyebut Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan.

“Dalam hal ini, untuk pemberian vitamin A dosisnya sudah sesuai dengan usia anak. Adapun bagi anak usia 6-11 dosisnya 100.000 IU dengan tanda warna biru,” terangnya.

Sedangkan, kata dia, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200.000 IU dengan tanda warna merah.

“Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak,” tandasnya. (mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan