Cara Ampuh Atasi Ketombe dengan Bahan Alami

JAKARTA – Ketombe merupakan serpihan putih yang mengakibatkan rasa gatal pada kulit kepala. Ada banyak penyebab mengapa seseorang mengalami ketombe, mulai dari genetik hingga kondisi lingkungan.

Namun sederhananya, ketika terlalu banyak jamur atau bakteri menumpuk di beberapa bagian kulit kepala yang berminyak dan menyebabkan kulit kepala gatal, yang kemudian berubah menjadi serpihan.

Seperti dikutip dari laman Femina, ada solusi yang lebih baik untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal dengan menggunakan ramuan alami.

1. Daun Neem

Neem memberikan banyak bantuan mengatasi rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Daun neem merupakan ramuan alami yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang menahan pertumbuhan ketombe.

Caranya ambil beberapa daun neem dan giling dalam mixer. Tambahkan satu sendok makan madu dan buat pasta kental. Oleskan masker pada kulit kepala Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Cuci rambut Anda dengan air dingin dan kamu akan mendapatkan kulit kepala yang ternutrisi.

2. Yoghurt

Yoghurt adalah bahan yang cocok untuk semua jenis rambut. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan pendinginan yang sangat membantu mengatasi ketombe, kulit kepala kering dan gatal. Untuk membuat masker DIY, ambil setengah cangkir yoghurt dan campur dengan pepaya yang sudah dikupas dan dihancurkan.

Oleskan dan biarkan di rambut Anda selama 30 menit, kemudian cuci rambut seperti biasa setelah itu. Ini akan membuat ketombe tetap terkendali dan hilang dari pundak Anda. Masker ini membantu membersihkan kulit kepala dan juga pertumbuhan rambut.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan khasiat yang bisa membantu menenangkan iritasi dan penyakit tersembunyi yang menyebabkannya. Sifat parasit counter akan membantu membersihkan kulit kepala dari unsur-unsur gatal dan memberikan kelegaan.

Minyak kelapa dan lemon adalah obat yang telah dicoba dan diuji untuk mengatasi ketombe dan baunya juga enak. Sebelum mandi, pijat 3-5 sendok makan minyak kelapa dan jus lemon ke kulit kepala Anda dan diamkan selama sekitar satu jam dan keramas secara normal setelahnya.

4. Biji fenugreek (Methi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan