18 Tahun Belum Ada Perhatian, Warga Inisiatif Perbaiki Jalan Penghubung 2 Desa di Cimanggung

SUMEDANG – Jalan kabupaten di Desa Cimanggung yang terhubung dengan Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang telah lama rusak.

Jalan penghubung dua desa di Kecamatan Cimanggung itu kerusakannya cukup membuat masyarakat tidak nyaman. Pasalnya, selain menghambat perjalanan dalam mengakses jalan, kerusakan yang tak sedikit itu pun membuat warga merasa wilayah mereka kumuh seakan tidak terawat.

Oleh sebab itu, warga Desa Cimanggung pun berinisiatif memperbaiki jalan yang rusak secara swadaya dengan cara gotong royong.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, terlihat kebersamaan dan kekeluargaan warga Desa Cimanggung cukup kental saat tengah memperbaiki jalan yang rusak.

Di tengah panas terik matahari, Tokoh Masyarakat Desa Cimanggung, Eddi kusnaedi Masduki mengatakan, kerusakan jalan sudah lama belum ada perbaikan dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumedang.

“Sejak saya pernah menjabat jadi Kades, sekitar 18 atau 20 tahun lalu. Jalan sampai sekarang belum diperbaiki,” kata Eddi kepada Jabar Ekspres di lokasi, Selasa (1/2).

Menurut Eddi, perbaikan jalan sudah seharusnya dilakukan, sebab selain karena telah lama belum ada perhatian, kondisi jalan semakin memprihatinkan.

“Jalan sudah rusak kalau gak diperbaiki jadinya semakin rusak, bisa bahaya juga kalau sampai motor slip di lubang jalan,” ujar Eddi.

Sementara itu, Eddi mengaku, swadaya masyarakat dalam memperbaiki jalan secara gotong royong itu tidak ada paksaan.

“Semuanya kesadaran diri sendiri. Semua warga yang ikut gotong royong bareng-bareng mulai dari satukan dana sampai tenaga,” imbuh Eddi.

“Sampai Desa Tegalmanggung juga kita perbaiki, bareng tetap bersama warga, kita gotong royong. Dilakukan oleh puluhan warga bantu perbaiki jalan sekitar 14 kilo meter,” tambahnya.

Eddi menuturkan, jalan yang rusak sekiranya sepanjang 14 kilo meter yang diperbaiki secara swadaya oleh warga tersebut tak dilakukan secara sekaligus dalam waktu dekat.

“Gak sekaligus kita perbaiki semua. Jadi kita cicil sedikit-sedikit. Tenaga dan dana warga juga terbatas, jadi kita bertahap aja yang penting tujuan tercapai,” ujar Eddi.

Eddi berharap, warga Desa Cimanggung menginginkan fasilitas umum yang nyaman, salah satunya dalam akses jalan dapat diperhatikan oleh pihak Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumedang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan