Jalan Penghubung Dua Desa di Cimanggung Rusak, Warga Perbaiki Secara Swadaya

SUMEDANG – Akses jalan penghubung dua desa di wilayah Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang rusak seakan tak ada perhatian.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, jalan penghubung yang rusak itu terlihat mulai dari Desa Cimanggung sampai Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Diketahui, jalan penghubung yang rusak tersebut merupakan jalan kabupaten karena tersambung dari Desa Cimanggung hingga Desa Sindulang.

Karena kondisi jalan rusak telah lama rusak dan belum juga diperbaiki, warga Desa Cimanggung pun akhirnya gotongroyong memperbaiki jalan dengan dana swadaya.

Tokoh masyarakat Desa Cimanggung, Eddi kusnaedi Masduki mengatakan, perbaikan jalan yang dilakukan warga didorong oleh ketidak nyamanan serta kepedulian terhadap kondisi lingkungan.

“Karena jalan sudah rusak, kendaraan yang lewat juga gak nyaman. Warga juga udah bosen lihat jalan terus rusak,” kata Eddi di lokasi, Selasa (1/2).

Dia berujar, perbaikan jalan tak hanya dilakukan untuk ruas di wilayah Desa Cimanggung, namun hampir sepanjang jalan yang rusak turut diperbaiki.

“Sampai Desa Tegalmanggung juga kita perbaiki, bareng tetap bersama warga, kita gotong royong,” ujar Eddi.

Diketahui, dari perbaikan jalan rusak yang dilakukan oleh puluhan warga tersebut berjarak sekiranya sepanjang 14 kilo meter.

“Gak sekaligus kita perbaiki semua. Jadi kita cicil sedikit-sedikit. Tenaga dan dana warga juga terbatas, jadi kita bertahap aja yang penting tujuan tercapai,” imbuh Eddi.

Eddi menuturkan, warga Desa Cimanggung berharap fasilitas umum salah satunya dalam akses jalan dapat diperhatikan oleh pihak Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumedang.

“Supaya benar-benar bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan pengguna jalan,” tutup Eddi. (mg5/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan