Camilan Khas Tahun Baru Imlek Ini Punya Makna Khusus

Hidangan perayaan Tahun Baru Imlek selalu identik dengan keberuntungan, panjang umur, dan kemakmuran. Hal itu tak hanya berlaku untuk makanan utama, tapi juga pada camilannya.

Selama perayaan Tahun Bary Imlek, setiap keluarga akan menyiapkan berbagai makanan ringan dan buah-buahan, baik untuk keluarga maupun tamu. Camilan ini pun tidak hanya sekadar untuk pelengkap saat berkumpul bersama, tapi juga memiliki arti atau simbol tersendiri untuk tahun baru.

Dikutip dari China Highlights, berikut ini camilan Tahun Baru Imlek yang biasa ditemukan saat perayaan Imlek beserta maknanya

Kurma Merah

Merah adalah warna keberuntungan di Tiongkok yang berarti makmur. Kurma merah pun selalu ada dalam acara-acara suka cita termasuk festival, upacara pernikahan, pesta pindahan rumah, dan peringatan satu bulan kehidupan bayi.

Sebagai camilan Tahun Baru Imlek, kurma merah disajikan sebagai buah kering. Kurma merah ini bisa dimakan langsung atau dipotong untuk dijadikan teh. Kurma merah merupakan sebuah simbol untuk kekayaan dan kemakmuran.

Kacang Tanah

Kacang tanah juga disebut “kacang umur panjang” yang melambangkan vitalitas, umur panjang, kekayaan, dan kehormatan. Sebagai camilan Tahun Baru Imlek, kacang selalu disajikan tanpa kulit.

Ada banyak cara memasak kacang tanah, seperti merebusnya dengan air atau air garam dan menggorengnya. Kacang tanah adalah makanan bergizi dan bisa dimakan mentah. Orang Tiongkok percaya bahwa memakannya mentah lebih baik.

Kelengkeng Kering

Lengkeng kering melambangkan reuni. Ini adalah camilan Tahun Baru Imlek teratas karena makna tersiratnya.

Pengobatan tradisional Tiongkok mengatakan, makan lengkeng kering dapat menyehatkan vitalitas seseorang. Biasanya lengkeng kering disajikan tanpa kulit. Bisa dimakan dagingnya secara langsung atau untuk dibuat teh.

Biji Bunga Matahari

Dalam budaya tradisional Tiongkok, biji bunga matahari melambangkan harapan dikaruniai banyak anak dan cucu.

Permen

Permen melambangkan kehidupan yang manis. Mereka adalah makanan ringan yang sangat diperlukan untuk Tahun Baru Tiongkok. Makan permen mewakili kejadian manis atau mendapatkan awal yang manis di tahun mendatang.

Beberapa manisan biasanya dikemas dalam kotak emas berbentuk angka keberuntungan atau yuanbao (jenis mata uang Tiongkok Kuno) yang melambangkan kekayaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan