Sehari, Bertambah 9 Pasien Positif Covid-19 di Sukabumi

SUKABUMI – Humas Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi, Eneng Yulia melaporkan, dalam sehari, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Sukabumi bertambah sembilan orang, pada jumat (29/1) kemarin.

Kesembilan pasien tersebut, dijelaskan Eneng berasal dari beberapa kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sukabumi.

“Dari sembilan pasien tersebut dua orang perempuan dan tujuh laki-laki, mereka berasal dari enam kecamatan, yakni Kecamatan Surade, Sukabumi, Kebonpedes, Sukaraja, Nagrak dan Ciemas,” katanya.

Yuli juga merinci daerah asal pasien yang terkonfirmasi positif tersebut, yakni pasien perempuan berusia 17 tahun dan laki-laki 18 tahun warga Kecamatan Surade (tidak memiliki riwayat perjalanan), perempuan 18 tahun asal Kecamatan Ciemas (tidak ada riwayat perjalanan), laki-laki berusia 52 dan 50 tahun asal Kecamatan Nagrak memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta dan Bekasi.

Selanjutnya, laki-laki 32 tahun asal Kecamatan Sukabumi (tidak ada riwayat perjalanan), laki-laki berusia 20 tahun asal Kecamatan Sukabumi dengan riwayat perjalan ke DKI Jakarta serta laki-laki berusia 36 tahun (tidak memiliki riwayat perjalanan dan 21 tahun dengan riwayat perjalanan ke Jakarta asal Kecamatan Kebonpedes.

Menurut Eneng, meskipun ada beberapa pasien positif COVID-19 di Sukabumi yang melakukan perjalanan ke zona merah varian Omicron seperti Jakarta, tetapi dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan tidak mengidap COVID-19 varian baru tersebut.

Walaupun sudah menjalani vaksinasi hingga dosis kedua, warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, khususnya selalu mengenakan masker yang baik dan benar saat beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara rutin dicuci pakai sabun atau membilasnya dengan menggunakan hand sanitizer, menghindari kerumunan, berperilaku hidup bersih sehat serta mengurangi aktivitas di luar rumah.

Dengan bertambahnya sembilan kasus baru, total pasien COVID-19 di daerah itu menjadi 42 pasien. Dari jumlah tersebut, 34 pasien melaksanakan isolasi mandiri dan delapan pasien diisolasi di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sukabumi.

“Laksanakan vaksinasi, jangan lengah, selalu waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan bisa meminimalisasi tertularnya virus mematikan ini serta tidak menganggap enteng keberadaan COVID-19,” ucapnya.

Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat mencatat perkembangan kasus hingga Jumat, (28/1) untuk warga terkonfirmasi positif mencapai 11.827 pasien, dari jumlah itu 11.202 pasien sudah dinyatakan sembuh, 42 pasien masih menjalani isolasi dan 583 pasien meninggal dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan