ODGJ yang Viral Shalat Ditengah Jalan, Ternyata Mantan Santri

SUKABUMI – Video viral tentang Orang Dengan gangguan Jiwa (ODGJ) yang melakukan gerakan shalat ditengah jalan sempat menghebohkan warganet, sejak senin (24/1) malam.

ODGJ tersebut melakukan gerakan ibadah shalat di tengah Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, pada Senin (24/1) sekitar pukul 12.59 WIB.

Banyaknya warganet yang mere-post video tersebut langsung ditanggapi Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi yang langsung bergerak untuk melakukan penanganan dan membawanya ke kantor.

Fungsional Pekerjaan Sosial (Peksos) Dinsos Kota Sukabumi, Suherman mengatakan, belakang diketahui kalau pria tersebut tercatat sebagai seorang santri di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi.

“Setelah diketahui identitasnya, Dinsos pun langsung menghubungi aparat wilayah asal ODGJ tersebut,”ujar dia kepada wartawan, belum lama ini.

Kemudian, lanjut Suherman, pria itu pun dijemput oleh Kepala Desa Kadununggal pada Selasa (25/1) sekitar pukul 16:00 WIB dari dinas sosial.

“Pria yang diduga ODGJ tersebut sudah dijemput dengan menggunakan mobil oleh jajaran aparat desa,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, Agus Wawan Gultom mengatakan, pihaknya hanya melakukan penertiban terkait ODGJ berkeliaran di Kota Sukabumi.

“Kita sebetulnya sudah kerjasama tentang penanganan ODGJ ini dan leading sektornya Dinas Kesehatan kemudian ada Dinas Sosial, Satpol PP terakhir Rumah sakit,”terang dia.

Agus melanjutkan, untuk penanganan awal dilakukan penertiban lalu koordinasi bersama pihak Dinsos, dan jika ODGJ yang ditertibkan dalam keadaan sakit, maka dibawa ke Rumah Sakit.

“Kesulitan di lapangan itu Ketika kita tak menemukan identitasnya, kadang kita tanya langsung kepada ODGJ nya namun jawabnya langsung kita tanya A jawabnya B. Nah ini yang repot nya.Tapi kalau kita menemukan identitasnya kita tinggal panggil pihak keluarganya,”pungkasnya. (rdr/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan