Video Viral, Jembatan Nyaris Putus Bahayakan Pelajar Di Cianjur

CIANJUR – Sebuah jembatan gantung yang berada di Kabupaten Cianjur sedang menjadi perbincangan di media sosial, pasalnya beredar video yang memperlihatkan kondisi jembatan yang nyaris putus tersebut sangat membahayakan bagi yang melintasinya.

Dalam video viral yang diambil di Desa Cimaragang, Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur tersebut, tampak seorang pelajar sedang berusaha melintasi jembatan gantung yang hampir putus untuk menyeberangi aliran sungai yang cukup deras.

Mirisnya, kondisi jembatan tersebut sudah rusak dengan posisinya yang oleng serta sebagian kayu yang menjadi alas untuk pijakan jembatan sudah tidak ada. Bahkan sejumlah bambu terlihat dipasang diatas jembatan untuk memudahkan orang melintas.

Jembatan gantung tersebut ternyata menghubungkan Desa Cimaragang, Kecamatan Cidaun, Cianjur dengan Desa Cikarang, Kecamatan Sewu, Kabupaten Garut. Diketahui jembatan tersebut hancur usai terserat luapan air Sungai Cilaki sebulan yang lalu.

Jembatan yang membentang sepanjang100 meter itu merupakan akses utama warga di dua desa yang dipergunakan anak sekolah maupun warga yang hendak bertani.

“Kita sangat khawatir terutama untuk anak sekolah, karena yang sekolah ada SD, SMP, dan SMA. Tapi mungkin mau gimana lagi gak ada lagi jalan,” ujar Kepala Desa Cimaragang, Asep Suganda, Selasa (25/1).

Tidak hanya dilewati anak sekolah, jembatan yang nyaris putus tersebut dibangun sekitar 10 tahun lalu oleh Pemprov Jabar itu juga digunakan oleh warga baik untuk bertani maupun jual hasil bumi lainnya.

“Sekarang semua jadi terhambat, ada pun jalan lain itu jarak tempuhnya saja beda 6 jam lebih jauh,” ucap Asep.

Asep mengaku, pihaknya sudah berusaha mengajukan bantuan ke Pemkab Cianjur maupun Pemprov Jabar untuk perbaikan jembatan tersebut namun hingga saat ini belum juga keluar.

“Karena tidak mungkin dibangun oleh dana desa, makanya kita ajukan bantuan tapi belum keluar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKP) Cianjur, Cepi Rahmat Fadiana, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi untuk menganggarkan perbaikan jembatan tersebut.

“Kemarin sudah rapat, kita kaji dulu untuk perbaikannya, karena itu kan dibangun oleh Pemprov Jabar jadi tidak bisa sembarangan. Tapi kita usahakan secepatnya akan segera terealisasi,” katanya. (rdr/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan