Ortu Bisa Beri Tutorial saat Anak Mulai Belajar Merias Diri

Editor:

JAKARTA – Psikolog anak Agustina Twinky Indrawati mengatakan bukan masalah ketika anak mulai belajar merias diri. Sebelum menggoreskan ujung lipstik ke bibir atau menjajal bedak di wajah, biasanya anak akan melihat mamanya dulu. Baik itu dari dekat ataupun jauh.

Saat anak belajar merias diri dan melihat mamanya dari dekat saat merias diri, Twinky mengatakan, orang tua bisa sekalian kasih edukasi make-up bareng. Misalnya, kalau pakai blush on itu begini. Tidak terlalu tebal. Tapi tetap memukau dan menyedot perhatian orang-orang.

”Lebih baik anak itu dapat edukasi tentang merias diri atau mencontoh orang tuanya. Bukan orang lain,” katanya.

Namun. bagaimana jika make-up yang diaplikasikan si anak terlalu tebal? Atau, menurut mama, tidak cocok di wajah anak? Twinky menyebut, orang tua bisa memuji riasan anak dulu. Baru, mama coba kasih masukan. Kalimatnya bagaimana? Misalnya, ”Wih, keren juga hasil make-up Adik atau Kakak. Setelah itu, ”Adik, ayo mama ajari cara make-up yang benar. Kalau yang kayak Adik ini cocoknya buat mama atau orang banyak usianya.”

Sementara itu, konselor anak Ferlita Asrya menilai anak sudah boleh belajar merias diri ketika usianya 12–13 tahun. Dengan catatan make-up-nya secara natural atau yang sederhana, Mom. Tapi, bisa jadi, sebelum usia itu, anak akan mencari tahu dulu. Seperti bagaimana cara menggunakan pensil alis, liptint, atau bedak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *