Serapan Anggaran Disnaker Depok Bertumpu pada 3 Program Utama

DEPOK – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok menjadi salah satu Perangkat Daerah (PD) dengan tingkat penyerapan anggaran terbaik.

Kepala Disnaker Kota Depok, Mohamad Thamrin menjelaskan sebagian besar anggaran yang diserap di dinas tersebut bertumpu pada tiga program utama dinas tersebut pada 2021.

“Pertama, program pelatihan bagi para pencari kerja (pencaker). Pada program ini terdapat tujuh pelatihan yang diselenggarakan yaitu, pelatihan bidang tata boga, service elektronik komputer, service AC, kewirausahaan, perbengkelan roda dua, tata rias kecantikan, dan komputer desain grafis,” kata Disnaker Kota Depok itu, Senin (24/1).

Dia melanjutkan, program kedua yang mendapatkan serapan anggaran besar yaitu perluasan pencaker bagi pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Program ini merupakan program padat karya dengan memberdayakan pekerja yang terkena PHK. Kami membuat enam kelompok padat karya,” ujarnya.

Menurutnya, Disnaker melalui program tersebut berusaha memberdayakan pekerja yang di-PHK, salah satunya membuat kolam ikan, pembibitan ikan dan lain sebagainya yang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Petanian dan Perikanan (DKP3).

“Lalu, yang ketiga, adalah program hubungan industrial. Dalam program ini terdapat tiga tim yaitu, Tim Tim Monitoring, Pengupahan Kota, dan Lembanga Kerja Sama (LKS) Tripartit,” paparnya.

Dikatakan, semuanya sebagai forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan yang anggotanya terdiri dari unsur Pemerintah, organisasi pengusaha, dan Serikat Pekerja.

“Dampak dari program ini sangat membantu sekali, utamanya dalam perlindungan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan tenaga kerja di Kota Depok,” ucap dia.

Sebelumnya, Wali Kota Depok telah membetikan penghargaan kepada lima PD berdasarkan kemampuan serap anggaran selama tahun 2021.

Kelima PD tersebut yakni Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Lalu,  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Untuk Disnaker sendiri, tingkat penyerapan anggaran pada tahun anggaran 2021 mencapai 95,97 persen. Berkat persentase tersebut, Disnaker sukses berada pada posisi kedua dengan serapan anggaran terbaik di antara Perangkat Daerah (PD) lainnya di Kota Depok.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan