Cuma Ahok yang Layak jadi Kepala Otorita IKN Nusantara, Begini Kata Ruhut

JAKARTA – Nama Ahok alias sapaan Basuki Tjahaja Purnama itu muncul sebagai bakal calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dirinya dianggap cocok untuk menjabat posisi tersebut, lantaran Ahok adalah satu-satunya orang yang tepat.

Hal itu disampaikan Politikus PDI Perjuangan, Ruhut Sitompul. Dia mengungkapkan bahwa Kepala Otorita  merupakan jabatan yang sangat strategis.

Ahok sosok yang bersih

Oleh sebab itu, Ruhut berharap Presiden Joko Widodo menunjuk orang yang tepat untuk mengisi jabatan tersebut, antara lain harus sosok yang bersih, tidak bermental korup.

Menurut Ruhut, sosok Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sangat cocok menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara.

“Ahok pantas dan dia orang bersih, dia enggak korupsi karena jadi kepala otorita wilayah IKN buntutnya berpotensi bisa ada kesempatan korupsi,” kata Ruhut kepada JPNN.com, Minggu (23/1).

Ruhut pun mendukung jika Jokowi menunjuk Ahok menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara. Pengalaman dan sepak terjang Ahok dinilai Ruhut sudah pantas menduduki jabatan tersebut.

“Ahok bukan hanya jago teori, praktiknya dia sudah buktikan di Jakarta, dia sudah buktikan di Pertamina,” ujar Ruhut.

Sebelumnya, pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Joga menilai Ahok belum pantas menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara.

Menurut Nirwono, pengelolaan ibu kota baru harus berfokus pada pembangunan selama 5 tahun pertama.

“Oleh karena itu, harus dipilih kepala otorita yang bisa mewujudkan hal itu. Posisi Pak Ahok belum tepat atau belum saatnya,” ujar Nirwono saat dihubungi JPNN.com, Jumat (21/1).

Para kandidat calon Kepala Otorita IKN lainnya juga dinilai belum layak, di antaranya ada mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro. (jpnn/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan