Rahasia Sukses Istiqomah Salat Dhuha Buat yang Sibuk

Salat Dhuha, adalah salat sunah yang terbukti mampu membuka pintu rejeki bagi yang mengerjakannya. Nabi Muhammad selalu melakukannya, sehingga shalat ini menjadi salah satu shalat sunah yang sangat dianjurkan.

Dari penjelasan Ustadz Abdul Somad, waktu dhuha itu mulai saat syuruq (matahari terbit) jam 06.00 WIB. Dan berakhirnya dhuha adalah 10 menit sebelum Adzan Dzuhur, atau waktu tergelincir matahari.

Sayangnya, waktu dhuha tersebut bagi sebagian orang sudah masuk jam-jam sibuk. Sehingga banyak yang kesulitan menjalankan saalat dhuha. Apalagi waktu shalat ada di antara jam produktif kerja atau menuntut ilmu.

Berikut beberapa cara agar tetap bisa melaksanakan salat dhuha, dan tidak mengganggu aktifitas lainnya.

Bagi yang jam masuk kantor pagi jam 7, maka shalat dhuha bisa dilakukan setelah presensi. Yakni jangan dulu mengerjakan pekerjaan lain, setelah mengisi presensi langsung ke mushola untuk sholat dhuha.

Jika jam sekolah dari jam 7 pagi, maka lakukan salat dhuha saat istirahat pertama. Karena waktu shalat dhuha cukup panjang, sehingga masih bisa melakukannya di waktu tersebut.

Jadi ketika bel istirahat berbunyi, langsung ke mushola untuk salat dhuha, baru kemudian kamu bisa beranjak dari mushola untuk jajan.

Sedangkan untuk yang masuk kerja jam 9 pagi, maka masih banyak waktu untuk melakukan shalat dhuha di rumah sebelum berangkat kerja. Karena ketika sudah sampai di kantor, makan akan langsung sibuk dengan pekerjaan.

Untuk kaum perempuan, sebaiknya lakukan salat dhuha terlebih dulu sebelum menggunakan makeup. Agar tidak merepotkan saat harus melakukan touch up setiap kali selesai sholat.

Berangkatlah lebih pagi dari rumah agar terhindar dari kemacetan. Sampai di kantor, masih banyak waktu untuk menjalankan salat dhuha. Jadi tidak perlu buru-buru dikejar waktu apel atau briefing pagi.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi, usahakan sudah berwudhu dari rumah, sehingga saat samapai kantor terpacu untuk segera shalat dhuha.

Pasang alarm di handphone untuk mengingatkan shalat dhuha. Agar selalu ingat waktu salat dhuha setiap hari.

Tempel sticky notes pengingat shalat dhuha di meja kerja, agar setiap kali terlihat akan teringat sudah salat dhuha atau belum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan