Olahraga Lari Dapat Hilangkan Stres

JAKARTA – Saat mempunyai masalah, orang akan cenderung bercerita atau curhat pada temannya untuk membuat hati lega. Namun tahukah kamu, lari dapat menghilangkan stres.

Dalam diskusi virtual bersama Creative Tribe, kaum muda generasi milenial dan gen-Z untuk diajak peduli dan menumbuhkan kesadaran kolektif akan isu kesehatan mental lewat sebuah aktivitas menjauhkan diri dari anxiety dengan lari bersama.

Ajang #pelarian yang digagas berkolaborasi dengan sejumlah komunitas olahraga dan peduli serta penyedia layanan kesehatan mental yakni HatiPlong, Dash Sports, SANA, Voltandfast, Runhood, OTSS, JSD, BKR Brothers, Muse Media Id, Syndicate TV dan Vox Populi Publicists serta kalangan selebriti.

“Ini adalah sebuah collective movement atas bentuk kepedulian, concern, niat dan ikhtiar baik untuk kesadaran kesehatan mental, khususnya bagi generasi milenial dan gen-Z yang begitu terdampak selama masa pandemi Covid-19,” kata Strategic Planner Creative Tribe, Iman Sadeqh.

Dia menambahkan kampanye #pelarian adalah sebuah kegiatan untuk menjauhkan diri dari berbagai isu kesehatan mental seperti anxiety, depresi, stres dan lainnya. Dengan begitu seseorang mengatasi rasa cemas dengan lebih mencintai diri sendiri sambil mencari tahu lebih banyak tentang hal ini dari para ahlinya. Salah satunya dengan berlari.

Lari Kurangi Stres

Sementara itu, CEO dan penggagas HatiPlong Farah Djalal menjelaskan kampanye #pelarian menumbuhkan kesadaran untuk kesehatan mental di Indonesia, sekaligus membimbing masyarakat Indonesia dengan cara-cara kreatif untuk lebih memahami dan mengenal dengan baik tentang kesehatan mental.

Ada banyak isu kesehatan mental yang sering dialami kaum muda, mulai dari kecemasan, depresi dan stres, serta belum lagi stigma dan diskriminasi terhadap mereka yang sedang mengalaminya. Farah lalu memaparkan bahwa keseimbangan antara fisik dan mental merupakan salah satu kunci untuk memiliki well-being yang berkualitas.

“Ketika orang mengalami stres misalnya, penyaluran emosi dapat dilakukan secara fisik dengan berolahraga dan secara mental dengan ‘curhat’ misalnya. Berlari merupakan salah satu olahraga yang terbukti oleh penelitian mampu memproduksi hormon endorphins pemicu perasaan positif serta produksi hormon Leptin yang meningkatkan energi dan motivasi seseorang,” kata Farah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan