Tips Hilangkan Noda Minyak pada Pakaian

JAKARTA – Menghilangkan noda minyak pada pakaian memang bukan hal yang mudah.

Berbagai pembersih untuk menghilangkan noda minyak membandel pasti sudah pernah Anda coba.

Tak usah khawatir, ada beberapa cara alami yang bisa membantu mengatasi noda minyak yang membandel pada pakaian, seperti dikutip dari laman Thehealthsite.

1. Bedak bubuk

Bedak bubuk merupakan salah satu cara alami untuk menghilangkan noda minyak. Terbuat dari talc, bedak ini berwarna putih dan cepat menyerap cairan.

Bagian terbaik tentang menggunakan bedak bubuk ini adalah bisa digunakan untuk pakaian halus dan tidak akan menyebabkan kain menjadi kusam atau kehilangan warna.

Untuk menggunakannya, ambil saja bedak, dan taburkan di atas tumpahan minyak. Sekarang dengan lembut tekan bedak dengan jari-jari Anda.

Anda akan menemukan bedak akan menempel di tempat tumpahan minyak dan bisa dibersihkan dari sisa area tersebut. Biarkan tetap di area tersebut selama sekitar 20 hingga 30 menit.

Jika nodanya besar, kikis bedak yang direndam minyak dan tambahkan lapisan baru. Setelah minyak benar-benar basah, cuci kain secara normal.

2. Cuka

Dikemas dengan sifat zat yang kuat, cuka sangat efektif dalam menghancurkan dan menghilangkan noda minyak.

Selain itu, cuka juga membantu menghilangkan bau pada kain. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam bagian yang bernoda dalam cuka.

Jika kain diwarnai, campur cuka dengan air panas (dalam proporsi yang sama). Ini akan melindungi kain agar tidak memudar atau diputihkan.

Setelah direndam, gosok area tersebut sedikit untuk menghilangkan noda minyak. Anda bisa memilih untuk mengoleskan cuka lagi jika noda belum sepenuhnya hilang.

3. Lemon

Dikenal sebagai zat pemutih yang baik, lemon juga bisa membantu meringankan noda dan mengangkat minyak dari pakaian.

Cukup potong sepotong lemon dan gosokkan pada noda, peras lemon dengan lembut untuk membantu jus meresap ke dalam kain.

Anda bisa menggunakan kulit lemon sebagai scrub alami dan lembut untuk menghilangkan minyak berlebih dari area tersebut.

Biarkan kain mengering dan oleskan lebih banyak lemon jika noda membandel. Sekarang cuci kain seperti biasa.

Tinggalkan Balasan