Pembangunan Kelurahan Tugu Difokuskan untuk Nonfisik

DEPOK – Rencana pembangunan Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis pada 2023 mendatang difokuskan untuk pembangunan nonfisik.

Hal itu sebagaimana disepakati dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2022.

Dalam Musrenbang tersebut, prioritas pembangunan dititikberatkan pada menu kegiatan wajib yang salah satunya kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Jadi, untuk Musrenbang kali memprioritaskan pada rencana pembangunan daerah di tahun 2023 yang tercantum dalam menu kegiatan wajib. Kami mengikuti arahan sesuai dengan aturan, saat ini pembangunan difokuskan pada kegiatan non fisik yang sudah ditetapkan pada menu kegiatan wajib,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Tugu, Bambang Eko Sukmono, Senin (17/1).

Dikatakan Bambang, terdapat sejumlah kegiatan yang tercakup dalam menu wajib yang dipilih tersebut.

“Di antaranya, pemberdayaan masyarakat seperti peningkatan kualitas usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemasangan penerangan jalan lingkungan dan pembuatan sumur resapan,” ujar Bambang.

Bambang lebih lanjut menuturkan, dalam rangka rencana kegiatan pada tahun 2023 mendatang, pihaknya juga akan melakukan pelaksanaan kelurahan layak anak.

“Di samping itu, juga terdapat kegiatan lainnya seperti pembinaan lembaga kemasyarakatan kelurahan dan penyelenggaraan kelurahan sehat,” ucap dia.

Meskipun fokus pembangunan lebih ditekankan pada aspek pembangunan nonfisik, menurut Bambang, masyarakat tetap dapat mengusulkan pembangunan fisik di Kelurahan Tugu.

“Masyarakat tetap diberikan kesempatan untuk mengusulkan baik pembangunan fisik seperti pembangunan jalan lingkungan maupun pembangunan drainase lingkungan,” tandas dia.

Pihaknya menyebut selalu terbuka dan bersedia menampung semua saran dan usulan dari masyarakat, sebab dengan begitu masyarakat merasa lebih terlibat dalam proses pembangunan di wilayah tersebut.

“Untuk itu, kami tetap berusaha untuk akomodir dan menerima semua usulan dari warga termasuk usulan infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan