Ingin Jualan NFT Seperti Ghozali Everyday, Begini Cara Bikin NFT

JAKARTA – Berita tentang Ghozali Everyday yang berhasil menjadi miliarder karena menjual foto selfinya pasti membuat iri banyak orang.

Apalagi Ghozali masih sangat muda dalam mencapai kesuksesan. Mahasiswa asal Semarang, Jawa Tengah ini mengunggah foto selfie dirinya dalam bentuk NFT di OpenSea selama empat tahun, yang diambil sejak berusia 18-22 tahun.

Hingga kini jumlah foto Ghozali berjumlah 933 foto dan dapat dibeli dengan mata uang kripto Ethereum (ETH). Harga beli NFT Ghozali Everday awalnya hanya berkisar 0,0001 ETH atau sekitar Rp 45 ribu per foto.

Namun, harga tersebut melambung setelah banyak kolektor NFT yang menawar. Satu foto selfie Ghozali Everday saat ini berada di harga sekitar 0,3 ETH atau Rp 14 Juta.

Kenaikan harga yang fantastis dari satu foto itu tentu sangat menggiurkan untuk diikuti. Masalahnya, banyak yang masih awam dengan teknologi baru tersebut. Padahal pasti banyak pula yang penasaran ingin mengikuti cara Ghozali dalam mencari uang.

Dikutip dari Wikipedia, Non Fungible Token (NFT) adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital).

NFT tidak saling bertukar. NFT umumnya dibuat dengan mengunggah berkas, seperti karya seni digital, ke pasar lelang.

Berikut cara dan langkah-langkah apabila ingin membuat NFT dan cara menjual itemnya.

Langkah pertama sebelum menjual dan membuat NFT, yang perlu dilakukan adalah menentukan item.

Tentukan aset digital apa yang ingin dijadikan NFT, seperti foto, lukisan, video, musik, hingga game.

Lalu langkah kedua adalah menentukan sistem teknologi penyimpanan data (blockhain).

Setelah itu aset digital Anda harus diubah menjadi NFT dengan cara menentukan blockchain.

Selain ethereum Anda bisa juga memilih yang lainnya, seperti Polkadot, Binance smart chain, Cosmos, atau Tezos.

Selanjutnya yang ketiga, buat dompet digital. Anda perlu menyiapkan sebuah dompet dalam bentuk digital, seperti Trust Wallet, Metamask, Aplha Wallet, Coinbase Wallet, atau Math Wallet.

Keempat, memilih marketplace NFT, yaitu OpenSea, Larva Labs/CryptoPunks, Nifty Gateway, Axie Marketplace, dan lain-lain. Selamat mencoba, semoga beruntung berhasil meraup keuntungan seperti Ghozali everyday. (jpnn/rit)

Tinggalkan Balasan