Quraish Shihab Jelaskan Hukum Merusak Sesajen: Jangan Memaki

JAKARTA – Ulama dan ahli tafsir, Muhammad Quraish Shihab ikut menanggapi video viral seorang pria yang menendang sesajen di lokasi erupsi gunung Semeru.

Quraish Shihab mengatakan bahwa dalam Islam, Allah ta’ala melarang umatnya memaki sesembahan agama lain. Dia mengutip ayat Al-Quran surah Al-An’am.

“Jangan memaki sembahan-sembahan orang-orang yang menyembah selain Allah, memaki saja tidak boleh apalagi menendang,” jelas Prof Quraish Shihab, dikutip akun Instagram Najwa Shihab, Sabtu 15 Januari 2022.

Menurut Quraish Shihab, seorang mukmin yang menghormati keyakinan agama lain, bukan berarti orang mukmin itu setuju dengan sesembahan agama lain.

“Menghormati bukan berarti kita setuju. Itu adatnya, itu kebiasaannya, itu kepercayaannya,” tegas Prof Quraish Shihab.

Diketahui, Pembuang sesajen di Gunung Semeru, Hadfana Firdaus (34) berhasil ditangkap anggota Ditreskrimum Polda Jatim, Kamis (13/1) malam.

Warga asal Lombok, NTB itu ditangkap di kawasan Bantul, Yogyakarta. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengonfirmasi kabar penangkapan tersebut.

“Iya, semalam diamankan di wilayah Bantul, DIY,” ujar Gatot saat dikonfirmasi, Jumat (14/1).

Setelah tiba di Mapolda Jatim, pelaku Hadfana langsung digelandang menuju ruang penyidik Ditreskrimum.

“Tadi pagi, baru sampai. Saat ini, masih dilakukan pemeriksaan. Untuk lengkapnya, akan kami sampaikan nanti,” kata dia.

Hadfana menendang sesajen di kawasan erupsi Gunung Semeru. Aksinya tersebut divideokan lalu viral di media sosial.

Apa yang dilakukan oleh pria tersebut dinilai telah mencederai kearifan lokal masyarakat yang ada di wilayah Gunung Semeru yang selama ini hidup berdampingan dengan damai. (Fin-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan